Catatan Arif Afandi

Indonesia Raya Bergema di Ultah Aljihad

Foto dan ilustrasi: CoWasJP.com

COWASJP.COMINDONESIA Raya dinyanyikan dalam upacara bendera itu sudah biasa. Tapi lagu kebangsaan itu dikumandangkan oleh puluhan ribu santri di pengajian Ultah ke 18 Ponpes Mahasiswa Aljihad Surabaya, ini yang membuat merinding. Haru dan tanpa terasa air mata menetes.

Itu terjadi dalam rangkaian Bersyukur Milad Ponpes Pimpinan KH Imam Hambali di JX International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Ahad, 26 Maret 2016. Acara tahunan itu dihadiri Wagub Jatim Saifullah Yusuf, penyanyi Evy Tamala, dan pelawak asal Malang Topan. Wabup Trenggalek Gus Ipin juga hadir.

Rangkaian acara pengajian ini juga dimeriahkan Orkes Dangdut New Palapa. Duet Evy Tamala dan Topan menghibur para santri jamaah pengajian yang memenuhi gedung berkapasitas 10 ribu orang ini. Karena dalam gedung tidak memuat jamaah yang hadir, panitia memasang terop di luar gedung. Sebagian jamaah harus rela mengikuti rangkaian acara dari liar gedung.

Dimulai dengan istighotsah dan pembacaan maulid Nabi SAW, Kiai Hambali langsung memimpin acara dengan meminta para jamaah berdiri. Dia lantas meminta salah satu santri untuk memimpin jamaah membaca Pancasila. Setelah itu, diiiringi paduan suara para santri Ponpes, jamaah diajak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selesai? Belum. Lalu dilanjutkan dengan menyanyi bersama lagu Gugur Bunga.

wagub-jatimFviOL.jpg

Foto: CowasJP.com

Saat puluhan ribu jamaah menyanyikan Indonesia Raya dan Gugur Bunga, sejumlah hadirin tampak meneteskan air mata. Haru. Beberapa orang tampak mencopot kacamatanya dan mengusap air mata. Puncak keharuan itu ditutup dengan Hymne Ponpes Aljihad, pondok pesantren yang terletak di kawasan Jemursari Surabaya tersebut.

Setelah disisipi penampilan OM New Palapa, Evy Tamala dan Topan, Kiai Hambali memimpin jamaah berdoa dan berdzikir. Jamaah yang hadir sejak pagi hari dari berbagai penjuru kota Surabaya dan Jawa Timur itupun syahdu mengamini setiap doa dan kata kiainya. Para jamaah tersebut merupakan santri pengajian rutin Kiai Hambali.

"Mari juga kita doakan agar Gus Ipul kelak jadi Gubernur Jatim," ujarnya. Gus Ipul yang didoakan Kiai yang terkenal lucu ini pun hanya tersenyum. Saat memberikan sambutan, Gus Ipul mengapresiasi perkembangan jamaah Ponpes Aljihad yang semakin hari semakin banyak. Dia ingin para jamaah pengajian seperti ini bisa menjadi bagian penting pembangunan Jatim ke depan.

Kiai Syukron Jazila yang menjadi salah satu panitia acara ini mengungkapkan, penampilan OM New Palapa ini atas permintaan Kiai Hambali. "Mereka ini juga manusia yang perlu kota apresiasi. Karena itu, kita libatkan dalam rangkaian acara pengajian ini," katanya seperti ditirukan Kiai Syukron.

Jadilah Syukuran Milad ke 18 Ponpes Aljihad ini penuh dengan keistimewaan. Berkumandang Indonesia Raya, berdendang dengan OM New Palapa dan Evy Tamala. Puluhan ribuan jamaah itu pun juga larut dalam doa bersama serta mendapat santapan rohani dari para kiai. Luar biasa!

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda