Piala Bude Karwo 15 Desember 2016

Mengapa Jadwal Piala Bude Karwo Diubah Seenaknya?

Bude Karwo menyalami para peserta Turnamen Piala Bude Karwo.( Foto: Jakarta Matador FC for CoWasJP)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Slamet Oerip Prihadi

------------------------------------------

PERUBAHAN jadwal pertandingan di turnamen apa pun dan kompetisi sepakbola apapun harus melalui technical meeting (pertemuan teknis) yang dihadiri oleh seluruh klub perserta. Harus dipublikasikan secara terbuka. Perubahan tidak bisa dilakukan hanya berdasarkan kesepakatan dua klub yang bertanding.

Kalau perubahan jadwal pertandingan bisa dilakukan hanya atas dasar kesepakatan antara dua klub yang akan bertanding, maka akan kacaulah turnamen dan kompetisi. Pihak sponsor dan para wartawan yang meliput tidak bisa dan kebingungan menjadwal kerjanya. Apalagi jika harus ditayang langsung televisi. Apa jadinya?

Ada yang minta diajukan, ada yang minta ditunda. Bisa berantakan semuanya. Pertandingan persahabatan dua tim saja harus dipastikan jadwalnya. 

Mengapa perubahan mendadak tanpa pertemuan teknis yang dihadiri semua (8) klub peserta bisa terjadi dalam turnamen bergengsi sekelas Piala Bude Karwo yang berlangsung lima edisi? Panpel menjawab, bahwa perubahan atau penundaan ini hanya berdasarkan kesepakatan kedua tim yang akan bertanding. Diharapkan, kesalahan besar ini jangan terulang. Kalau hal ini menjadi jurisprudensi, bisa kacau Piala Bude Karwo yang sangat kita hargai ini.

Beginilah ceritanya.

Panitia pelaksana (Panpel) turnamen sepakbola wanita Bude Karwo Cup V-2016 tidak konsisten. Akibatnya, jadwal pertandingan dari event yang digelar sejak Kamis (15/12/20016) hingga Senin (19/12/2016) ini menjadi kacau.

Seperti diberitakan Tribunnews.com, begini kronologisnya. Hari pertama turnamen, Kamis 15 Desember, sedianya dilangsungkan tiga pertandingan. Yakni, antara tim Putri Sidoarjo vs Putri Gayatri Tulung Agung di penyisihan Grup A  (07.30 WIB), kemudian disusul partai antara tim Unmuh Jember vs Jakarta Matador Football Club (JMFC) di Grup B (09.00 WIB), dan terakhir duel Putri Kirana vs juara bertahan Putri Surabaya di Grup C (16.00 WIB).

Namun, hanya dua pertandingan yang dapat dilaksanakan, yakni antara Putri Sidoarjo vs Putri Gayatri 4-0 dan Unmuh Jember vs Jakarta Matador O-2.

Satu pertandingan lainnya, antara Putri Kirana vs Putri Surabaya, diputuskan ditunda ke hari Sabtu (17/12/2016) pkl 16.00 WIB.

Padahal, sesuai jadwal yang sudah disepakati sebelumnya, pada Sabtu sore itu ada jadwal pertandingan antara Putri Surabaya vs Putri Malang.

Jadwal yang sudah dibuat berdasarkan pertemuan teknis dua pekan lalu itu tidak berubah, meskipun belakangan tim Putri Malang mengundurkan diri.

Ketika hal ini ditanyakan kepada Purwanto, ketua komisi wasit turnamen, disebutkan bahwa perubahan jadwal pertandingan antara Putri Kirana vs Putri Surabaya yang sedianya digelar Kamis sore dialihkan ke Sabtu sore. Penundaan ini berdasarkan kesepakatan kedua tim yang akan bertanding tersebut.

"Itu tadi dibuat berdasarkan kesepakatan kedua tim," katanya.

Namun, dia mengakui kalau dalam hal ini juga ada kesalahan teknis dari panpel.

Hal itu tak terlepas dari dimajukannya pertandingan antara Putri Kirana vs Putri Surabaya untuk menyesuaikan dengan acara pembukaan resmi turnamen yang dilakukan oleh Ibu Karina Soekarwo.

Putri Kirana yang sudah berada dilapangan sempat dinyatakan menang WO dan skor 3-0 atas tim Putri Surabaya. Akan tetapi, hal itu kemudian diprotes oleh tim Putri Surabaya yang berpegang pada jadwal semula bahwa pertandingan dimulai pkl 16.00 WIB.

Sempat disebut-sebut bahwa keputusan terkait protes Putri Surabaya akan diselesaikan oleh Panitia Disiplin (Pandis) turnamen.

Namun, belakangan ada kesepakatan bahwa pertandingan Putri Kirana vs Putri Surabaya ditangguhkan ke Sabtu sore.

Meskipun pertandingan antara Putri Kirana vs Putri Surabaya dimundurkan ke Sabtu sore, hal ini tetap bukan menjadi solusi yang baik mengingat pada Sabtu sore itu ada jadwal antara Putri Surabaya lawan Putri Malang, walau memang tidak akan digelar karena Putri Malang sudah mengundurkan diri.

Seperti disampaikan di atas, pengunduran diri Putri Malang diputuskan tidak akan membuat jadwal pertandingan Grup C berubah.

Di Grup C ini, setelah laga Putri Kirana vs Putri Surabaya pada Kamis sore, pada Jumat sore digelar duel Putri Kirana vs Putri Malang, dan terakhir Putri Surabaya vs Putri Malang pada Sabtu sore.
Keputusan panpel yang tidak konsisten terkait jadwal pertandingan ini bagaimanapun menodai pelaksanaan turnamen berhadiah puluhan juta rupiah ini. 

HASIL DAN KLASEMEN

GRUP A

Kamis 15 Desember 2016

07:30 Putri Sidoarjo v Putri Gayatri 4 – 0

KLASEMEN GRUP A

1.Putri Sidoarjo  1  0  0  4-0  3

2.IKIP Budi Utomo FC  0  0  0  0  0-0  0

3.Putri Gayatri  1  0  0  1  0-4  0

GRUP B

Kamis 15 Desember 2016

09:30 Umuh Jember v Jakarta Matador FC  0 – 2 

KLASEMEN GRUP B

1.Jakarta Matador FC  1  1  0  0  2-0  3

2.Putri Kediri  0  0  0  0  0-0  0

3.Unmuh Jember  1  0  0  1  0-2  0 

GRUP C
1.Putri Surabaya (juara bertahan)
2.Putri Kirana
Pertandingan Putri Kirana vs Putri Surabaya, yang seharusnya digelar Kamis 15 Desember sore diputuskan ditunda Sabtu 17 Desember 2016 pukul 16.00 WIB.

CATATAN: 
1.Grup C hanya bermuatan dua tim karena tim Putri Malang mengundurkan diri.
2.Seluruh pertandingan dilaksanakan di Stadion Makodam Brawijaya Surabaya.
3. Pertandingan dilangsungkan dengan format 2 x 30 menit, dengan waktu jeda 10 menit. Pergantian pemain, maksimal lima. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda