Luar Biasa, Puncak Harlah 1 Abad NU Akan Digelar 24 Jam Nonstop

Logo resmi Harlah 1 Abad NU. (FOTO: Istimewa - nu.or.id)

COWASJP.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengumumkan bahwa puncak perayaan akbar 1 Abad NU akan dihelat 24 jam nonstop di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa 7 Februari 2023. Luar biasa! 

“Pada tanggal 16 Rajab 1944 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 7 Februari 2023, kegiatannya akan dimulai tepat pukul 00.00 sampai pukul 24.00 WIB 7 Februari 2023," ujar Gus Yahya di acara peluncuran lagu tema 1 Abad NU di gedung PBNU, Jakarta, Jumat 6/1/2022.

“Jadi kegiatannya nonstop 24 jam, insyaAllah. Dan, puncak seremonialnya kita rayakan jam 7.00-10.30 WIB 7 Februari mendatang,” imbuhnya.

Untuk lebih memeriahkan Harlah 1 Abad NU, PBNU juga memproduksi lagu berjudul: Merawat Jagat Membangun Peradaban. Sesuai dengan visi NU jelang usia 100 tahun.

“Judul lagu ini sama dengan semboyan 1 abad NU: Merawat Jagat Membangun Peradaban,” ungkap pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibien, Rembang ini.

nu1.jpgKH Mustofa Bisri (Gus Mus). (FOTO: istimewa)

Lirik lagu Merawat Jagat Membangun Peradaban ditulis oleh Mustasyar PBNU KH Mustofa Bisri (Gus Mus), yang juga komposer lagu 1 Abad NU tersebut. “Lagu ini syair/liriknya ditulis langsung oleh yang mulia KH Mustofa Bisri (Gus Mus),” ucap Gus Yahya.

Gus Yahya meyakini permohonannya untuk menuliskan lirik lagu tema 1 Abad NU kepada Gus Mus merupakan hal yang tepat. Sebab, Gus Mus juga piawai dalam mengolah kata menjadi bermakna. Beliau menjamin setiap lirik dari lagu ini memuat semua hal baik untuk NU di usia 1 Abad ini.

“Jadi lagu ini tercipta tanpa tender. Kita yang memohon langsung kepada Gus Mus, dan saya yakin keputusan ini tidak salah karena syairnya sangat indah, sederhana, dan memuat semua hal terkait dengan 1 abad NU,” ucapnya mantap.

Ia lantas membeberkan setiap bait lagu ini. Mencakup dasar perjuangan, konsistensi dan keistiqamahan, serta visi tentang masa depan NU. Termuat lengkap di dalam lagu yang diaransemen oleh musisi sekaligus gitaris ternama di Indonesia, Tohpati Ario Hutomo.

Inilah lirik lagu tema 1 Abad NU Merawat Jagat Membangun Peradaban:

Merawat Jagat Membangun Peradaban

Cipt.: KH Ahmad Mustofa Bisri

 SubhãnaLlãh, Allãhu Akbar 
Maha Suci Allah, Maha Besar
Khidmah Jam'iyah Nahdlatul Ulama 
Telah mencapai seabad lamanya

Sudah seabad sejak kebangkitannya
Ulama bersama pengikut-pengikutnya
Istiqamah dan setia 
Jaga Akidah dan sunnah RasulNya

Alhamdulillah, segala puji baginya
Ulama bersama pengikut-pengikutnya
Istiqamah dan setia 
Menjaga Agama, Nusa dan bangsa

Mari kuatkan niat kita
Kita bulatkan tekad kita
Terus lanjutkan amal kita
Mengembangkan khidmah kita

Menebar kasih-sayang semesta
Membangun peradaban baru yang mulia
Tuk kedamaian dan bahagia bersama
Dalam ridha Allah Tuhan yang Maha Esa.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda