PLN Mobile Proliga 2024

Belum Ada Satu Tim pun yang Memastikan Diri Lolos ke Final Four

Tim putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia saat berlaga di Proliga 2024. (FOTO: Moch. Fasichullisan)

COWASJP.COM – Setelah sukses menggelar tiga seri di tiga kota, PLN Mobile Proliga 2024 kini memasuki pekan keempat sekaligus peralihan dari putaran pertama ke putaran kedua di GOR Tri Dharma, Gresik, 16-19 Mei 2024. Kali ini Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia menjadi tuan rumah.

Sejauh ini belum ada satu tim pun yang telah memastikan diri lolos ke final four. Jakarta STIN BIN, LaVani, PBSB, POPSIVO dan BJB masih berebut juara putaran pertama. Sedangkan tuan rumah Gresik Petrokimia berlaga menghindari posisi juru kunci. 

Pekan keempat dari kompetisi kasta tertinggi bolavoli di tanah air ini digelar Kamis (16/5/2024) dan Jumat (17/5/2024). Ini merupakan ajang putaran pertama. 

Sedangkan pada dua hari terakhir yakni Sabtu (18/5/2024) dan Minggu (19/5/2024) adalah awal dari putaran kedua kompetisi yang telah memasuki tahun ke-22.

Karena menjadi akhir dari putaran pertama, maka pada dua hari awal akan ditentukan siapa juara putaran pertama, baik putra maupun putrinya.

Dengan adanya peralihan antara putaran pertama dan kedua, persaingan seluruh tim dipastikan akan berjalan dengan seru dan menarik. Apalagi belum ada satu tim pun yang sudah memastikan lolos ke final four, dan belum ada juga tim yang sudah dipastikan gagal melaju ke babak empat besar.

Termasuk salah satunya adalah tuan rumah Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia. Tim besutan Risco Herlambang ini masih berada di peringkat keenam klasemen sementara. Satu tingkat di atas tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri yang berada di dasar klasemen.

Di kandang sendiri, Petrokimia akan menjalani dua laga yang cukup berat. Pertama, Jumat (17/5/2024) akan menghadapi tim kuat Jakarta BIN, sebagai laga penutupnya di putaran satu.

Sedangkan laga keduanya, yang merupakan awal putaran kedua, akan berhadapan dengan pimpinan klasemen sementara, Jakarta Popsivo Polwan yang belum terkalahkan hingga memasuki putaran kedua ini.

Pelatih Petrokimia, Risco Herlambang mengakui dua calon lawan yang akan dihadapi di kandang sendiri ini cukup berat. Kedua tim tersebut menempati peringkat atas klasemen sementara. 

"Meski kami ini underdog, tapi bukan tidak mungkin kami akan membuat kejutan. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini," kata Risco optimistis.

Seperti diketahui, kompetisi PLN Mobile Proliga 2024 ini diikuti tujuh tim putra dan tujuh tim putri. 

Di sektor putra: Jakarta LavAni Allobank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta Pertamina Pertamax, Jakarta STIN BIN, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan tim pendatang baru, Jakarta Garuda Jaya.

Sedangkan di bagian putri: Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Electric PLN, dan tim pendatang baru, Jakarta Livin Mandiri.

Kompetisi ini berlangsung di delapan kota besar di Indonesia, dari tanggal 25 April 2024 di Yogyakarta dan berakhir 21 Juli 2024 di Yogyakarta.

Wakil Direktur Proliga, Reginald Nelwan menyebut pekan keempat di Gresik ini sebagai akhir putaran pertama dan awal putaran kedua. Usai pelaksanaan di Gresik, kompetisi libur hingga dua pekan.

Setelah masa liburan itu, kompetisi akan dimulai di Bandung. Pada saat menjelang pekan kelima di Bandung tersebut, seluruh tim dipersilakan mengganti pemain baik lokal maupun asing.

"Setelah itu setiap tim tidak diperkenankan lagi mengganti pemainnya, baik itu pemain lokal maupun asing," tandas Regi.

Seperti diketahui, penggantian pemain itu bagi setiap tim diperkenankan mengganti dua pemain lokal dan satu pemain asing hingga menjelang pekan kelima di Bandung. Setelah itu, tidak lagi diperkenankan mengganti hingga grand final.

Akan tetapi, jika pemain asing tidak ada penggantian, maka penggantian pemain lokal dibolehkan tiga pemain.

Pada musim ini diberlakukan video challenge sejak awal. Jika sebelumnya hanya mulai dari final four hingga grand final. "Tahun ini kita gunakan sejak mulai kompetisi," ucap Regi yang juga Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI.

Seluruh pertandingan di pekan keempat di Gresik ini akan disiarkan secara langsung di Moji TV dan video.

JADWAL LAGA

KAMIS 16/5/2024

Jam 14.00 WIB: Pertamina-Livin (putri)

Jam 16.00 WIB: Electric-Popsivo (putri)

 Jam 18.30 WIB: Bank Sumsel-Garuda (putra).(*)

Pewarta: Mochammad Fasichullisan.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda