Popsivo Polwan Juara Putaran Pertama, Bank SumselBabel Rebut Puncak Klasemen Putra

Tim putri POPSIVO POLWAN. (FOTO: M. Fasichullisan)

COWASJP.COM – Tim putri Jakarta Popsivo Polwan membuat kejutan karena merebut tahta juara putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024.

Di pertandingan terakhir seri keempat putaran pertama, Popsivo  Polwan menundukkan Jakarta Electric PLN dengan skor 3-1 (25-23, 25-21, 19-25, 25-15), di GOR Tri Dharma Petrokimia, Gresik, Kamis 16/5/2024 malam

Kemenangan atas Electric PLN melengkapi lima kemenangan yang diraih Popsivo pada tiga seri sebelumnya di Yogyakarta, Semarang dan Palembang. 

Popsivo pun berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp 30 juta.

“Alhamdulillah. Hasil ini berkat kerja keras dan kerja sama semua pemain. Pemain lokal dan pemain asing bisa bermain solid dan saling melengkapi,” kata pelatih Popsivo Polwan, Lardi usai pertandingan.

Lardi mengaku tidak menyangka timnya bisa meraih hasil sebagus ini di putaran pertama. Semula Popsivo tidak begitu diunggulkan.

“Akan tetapi persaingan di putaran kedua pasti lebih sengit. Sebab beberapa tim melakukan pergantian pemain asing. Mungkin saja kualitasnya di atas pemain asing kami,” tambah Lardi.

KEJUTAN DI SEKTOR PUTRA

Kejutan lain juga terjadi di sektor putra. Tim kuda hitam putra Palembang Bank SumselBabel menggusur Jakarta STIN BIN dari puncak klasemen sementara PLN Mobile Proliga 2024. Ini usai Bank SumselBabel menggilas Jakarta Garuda dengan skor 3-0 (25-22, 25-17, 25- ) di GOR Tri Dharma Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Kamis 16/5/2024 malam.

Kemenangan telak di laga penutup seri keempat putaran pertama ini membawa Bank Sumselbabel mengoleksi poin 14, hasil lima kali menang dan sekali kalah.

Namun, posisi tim asuhan Iwan Dedi Setiawan ini masih bisa digusur oleh Jakarta STIN BIN (13 poin) dan Jakarta LavAni Allobank Electric (12 poin) yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Kedua tim ini baru akan memainkan laga terakhir putaran pertama pada Jumat 17/5/2024.

Juara bertahan Jakarta LavAni akan menghadapi Kudus Sukun Badak, sedangkan Jakarta STIN BIN bertemu finalis musim lalu Jakarta Bhayangkara Presisi.

“Kami tidak memikirkan juara putaran pertama, kami lebih fokus untuk mengejar tiket empat besar. Setidaknya perlu dua kemenangan lagi untuk mengamankan tiket empat besar,” kata pelatih Bank SumselBabel Iwan Dedi Setiawan, usai laga.

Dia mengatakan penampilan anak asuhnya menunjukkan tren peningkatan selama putaran pertama, kendati ada sedikit kelemahan pada sisi setter.

“Yang terpenting bagaimana menjaga kondisi fisik pemain, karena situasinya saat ini banyak pemain kelelahan akibat perjalanan pindah kota,” ujarnya.

Kapten tim Palembang Bank SumselBabel Sigit Ardian menambahkan, permainan rekan-rekannya makin solid, termasuk dua pemain asing Asmin Asfhin Far (Iran) dan Mohamed Al Hachdadi (Maroko).

“Performa kami terus meningkat dan mudah-mudahan makin solid,” katanya.

Sementara itu, asisten pelatih Jakarta Garuda Jaya Joni Sugiyatno mengakui penampilan timnya belum stabil. Terlalu sering membuat kesalahan sendiri.

“Mereka anak-anak muda yang jam terbangnya masih minim. Kesalahannya sama, receive tidak bagus, servis out dan kurang komunikasi antarpemain,” katanya.

Namun demikian, Joni menyebut tim yang dipersiapkan untuk Kejuaraan Bolavoli AVC U-20 pada Juli 2024 itu sudah kelihatan progresnya.

“Setidaknya sudah ada delapan pemain yang masuk gambaran tim utama, tinggal menyeleksi enam pemain lagi,” kata mantan pemain timnas itu.(*)

KLASEMEN PUTARAN I PROLIGA 2024

Klub Main Menang Kalah Poin

PUTRI
1 JPP  6 6 0 17
2 JPE. 6 4 2  12
3 BIN  5 3 2  10
4 BJB  6 3 3  10
5 JEP  6 3 3  7
6 GPP  5 1 4  4
7 LIV  6 0 6  0

PUTRA
1 PBS  6 5 1  14
2 BIN  5 4 1  13
3 LAV  5 4 1  12
4 JBP  5 3 2  9
5 JPX  6 2 4  6
6 KSB  5 1 4  3
7 JGJ  6 0 6  0

Pewarta: Mochammad Fasichullisan.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda