Edan, Slot 1.500 Cyclist Bromo KOM X Habis dalam Waktu 9 Jam

Azrul Ananda, founder Mainsepeda (tengah) bersama sponsor dan peserta Bromocom X. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM –  Arena gowes bergengsi Antangin Bromo KOM X luar biasa. Hanya dalam waktu 9 jam slot 1.500 cyclist habis. Pendaftaran pun langsung ditutup. Edan! 

1.500 cyclist itu tumpek blek di Jawa Timur. Para peserta tak hanya dari dalam negeri. Tercatat ada puluhan peserta dari 17 negara manca. 

Mereka adalah para peserta ajang tanjakan sangat bergengsi event signature Mainsepeda: Antangin Bromo KOM X yang tergelar Sabtu 18 Mei 2024.

Ini edisi ke-10. 

Start dari Mapolda Jawa Timur di Jl Ahmad Yani Surabaya. Mereka melewati rute flat menuju Pasuruan yang menjadi pitstop. Dari Pasuruan, cyclist akan melahap rute menanjak sampai finis di puncak Wonokitri, Bromo. 

Total 1.500 peserta menempuh perjalanan kurang lebih 100 km. Rute menanjak total hampir 2.000 meter. 

Para cyclist dari  manca negara datang dari Malaysia, Taiwan, Jerman, Australia, Singapura, Belanda, Myanmar, Inggris, Selandia Baru, Austria, Prancis, Filipina, Korea Selatan, Brasil, Irlandia, dan Latvia. 

Dari 17 negara tersebut, Malaysia dan Taiwan menyumbang peserta asing terbanyak. Masing-masing tiga orang. Yang masing-masing dua cyclist dari Jerman, Australia, dan Singapura. Total jumlah cyclist asing mencapai 24 orang.

Sebagian besar peserta dari dalam negeri yang datang dari 31 provinsi, 137 kabupaten/kota, dan 428 komunitas. 

Bisa diibaratkan Bromo KOM X sebagai "naik hajinya" cyclist di Indonesia. Fakta ini mengukuhkan Bromo KOM menjadi salah satu event nanjak paling heboh.

Bromo KOM rutin digelar sejak 2014. Namun, pandemi Covid-19 sempat membuat gelaran ini tak terlaksana pada 2021. Animo cyclist semakin menggila setelah pandemi. Tahun ini merupakan momen istimewa karena memasuki edisi ke-10. 

Para cyclist  sudah mulai berdatangan hari Kamis 16/5/2024 untuk pengambilan race pack yang 16 dan 17 Mei 2024. Masing-masing pada pukul 10:00 hingga 21:00 WIB. Lokasinya di sekitar Wdnsdy Cafe di Surabaya Town Square (Sutos) Jl Hayam Wuruk Blok H Nomor 40, Surabaya. 

Race pack tersebut berisi perlengkapan seperti body number, bike number, seat post number, dan jersey. Khusus edisi ke-10, Mainsepeda juga menambahkan dalam racepack tersebut produk exclusive Azawear, yakni race day bag spesial Bromo KOM X, kaos exclusive Azawear edisi Bromo KOM X, dan sejumlah produk dari para sponsor. (*)

Pewarta: Mochammad Fadichullisan.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda