Catatan Ringan Euro 2024

The Real Final Spanyol vs Jerman, Siapa Bintang Muda yang Cemerlang?

Jamal Musiala (kiri) dan Lamine Yamal. (FOTO: Instagram)

COWASJP.COMKAMIS malam ini, 4 Juli 2024, tidak ada pertandingan. Jedah dulu menjelang perempat final. Baru Jumat malam, 5 Juli pukul 23.00 tergelar laga perdana perempat final. Yaitu the real final Spanyol versus Jerman! 

Sayang, kedua tim besar Eropa ini harus "saling bunuh dulu" di babak 8 Besar. Tapi itulah arena sepakbola. 

Pakar sepakbola Eropa mengalkulasikan peluang kedua tim sama persis. Ini jarang terjadi. Lihat kalkulasi mereka di bawah ini:

Peluang menang Spanyol 35℅

Peluang extra time 30℅

Peluang menang Jerman 35℅

BACA JUGA: Turki Lenyapkan Austria​

Head to head-nya pun sama:

Spanyol menang 1 kali

Draw 3 kali

Jerman menang 1 kali

Versi Asia pun 0-0. Tidak ada yang diunggulkan alias tidak ada yang divoor. Tanpa handicap. 

BACA JUGA: Prancis vs Belgia Memble, Portugal vs Slovenia Keren​

Dengan kata lain betapa serunya pertandingan ini nanti. Kemungkinan seri dalam 2x45 menit sangat besar. Boleh dibilang hampir pasti terjadi extra time. Bahkan mungkin terpaksa terjadi adu penalti. 

Namun, apakah hal yang seperti itu bakal benar-benar terjadi? Wallahualam. Atmosfer adu keberuntungan tampaknya bakal terasa pekat. 

Akan tetapi, ada sisi lain yang sangat menarik untuk diperhatikan. Yaitu siapakah di antara bintang-bintang muda Spanyol dan Jerman yang lebih cemerlang? Sisi ini menyeruak saat Cristiano Ronaldo menyatakan bakal pensiun sebagai pemain nasional Portugal, usai melaksanakan tugasnya di pentas Euro 2024.

**

Kita ketahui La Furia Roja Spanyol punya empat pemain yang berusia di bawah 22 tahun, yakni Fermin Lopez (21 tahun), Nico Williams (21 tahun), Pedri (21 tahun), dan Lamine Yamal (16 tahun). Pedri adalah sapaan akrab Pedro González López yang lahir 25 November 2002.

Di kubu Der Panzer Jerman, ada Maximilian Beier (21 tahun), Florian Wirtz (21),  Jamal Musiala (21), dan Aleksandar Pavlovic (21). 

BACA JUGA: Soal Rasa di Balik Big Match Spanyol vs Jerman di 8 Besar Nanti

Kita belum tahu apakah keempat pemain muda itu akan diturunkan semua oleh pelatih Spanyol Luis de la Fuente dan pelatih Jerman yang masih usia 36 tahun: Julian Nagelsmann. 

Sementara ini yang agak menonjol di antara pemain muda Spanyol adalah Lamine Yamal. Sedangkan di kubu Jerman, Jamal Musiala.

Lamine Yamal

Tampil 4 kali

Gol 0

Assist 2 kali

Kartu kuning 0, kartu merah 0

Jamal Musiala

Tampil 4 kali

Gol 3

Assist 0 

Kartu 0

Jumat malam 5 Juli 2024 para penggila bola akan tahu sendiri siapa di antara mereka yang paling bersinar. 

Yang pasti, mereka sudah menikmati gelimang uang. Kaya raya. Pedri misalnya di usia 21 tahun telah dipatok dengan harga pasar 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun! 

Masih kalah dengan Lamine Yamal. Pemain gemblengan Akademi Sepakbola Barcelona ini dipatok dengan harga pasar Dia memiliki nilai pasar 90 juta euro atau sekitar 1,6 triliun! 

BACA JUGA: Euro 2024 Bergolak bagai Arena Neraka

Lebih mahal lagi adalah bintang muda Jerman, Jamal Musiala. Meski masih muda, Musiala dipatok dengan harga pasar 120 juta euro atau sekitar Rp2,1 triliun.

Tapi ada pemain muda Jerman yang lebih mahal lagi. Yaitu Florian Wirtz yang dipatok dengan harga pasar 130 juta euro atau sekitar Rp2,3 triliun.

Tapi pantaskah mereka mendapatkan nilai yang lebih dari pencapaian sekarang? Tergantung bagaimana kecemerlangan mereka di arena akbar Euro 2024. Dan, kita tahu hanya ada satu arena yang lebih tinggi, yaitu Piala Dunia. Kita lihat saja Jumat malam ini. Siapa tahu justeru pemain muda Spanyol dan Jerman yang lain yang lebih berkilau? Bukan Jamal Musiala dan bukan pula Lamine Yamal? (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda