Mikirnya Dua Bulan, Baradjawa Coffee pun Buka di Malang

Baradjawa Coffee di Malang. (FOTO: Widodo Irianto)

COWASJP.COM – Ngaffee di Baradjawa Malang tampaknya enak dan nyaman. Apalagi kalau itu dilakukan bersama keluarga, istri belanja, suami atau anak-anaknya menunggu sambil menikmati sajian di caffee ini.

Kira-kira begitu bayangan sekilas tentang kehadiran  Baradjawa Coffee Shop di Kota Malang yang sudah sarat  dengan caffee ini.

Minggu (25/8/2024) siang Baradjawa melakukan grand opening. Baradjawa Caffee Shop menempati salah satu sisi di dalam Ranchmarket di Jl Kawi Atas 58 Kota Malang.

Karena berada di dalam supermarket, maka "kelengkapan fasilitas" yang tersedia pun menyesuaikannya. Sejuk, nyaman karena ber-AC. Namun Baradjawa tetap menyediakan ruang khusus untuk perokok.

Baradjawa menambah khazanah baru di tengah semaraknya keberadaan caffee di Kota Malang.

Salah seorang owner Baradjawa, Erik bercerita bahwa Baradjawa di Malang ini adalah outletnya yang ketiga.

Dua outlet sebelumnya ada di Gayungsari dan Kertajaya, Surabaya. "Dari sanalah kami kemudian membuka di Malang ini," kata Erik.

Sebenarnya, kata Erik, ia sama sekali tidak terpikir membuka outlet baru, apalagi di Malang. "Tetapi owner Ranchmarket itu selalu mampir ke tempat kami di Surabaya. Beliau merasa nyaman dan puas  dengan sajian dan cara kami memberi service kepada tamu," tutur Erik.

Ujung-ujungnya, Erik kemudian diajak membuka outlet Baradjawa di Malang. Owner Ranchmarket itu kemudian menawarkan salah satu sisi di dalam supermarketnya.

"Kami berpikir selama dua bulan untuk menetapkan hati, membuka outlet di Malang ini. Alhamdulillah semuanya akhirnya menjadi kenyataan," kata Erik. Baradjawa kini menempati salah satu sisi Ranchmarket Jl Kawi Atas 58 Kota Malang.

Seperti diungkapkan Erik, Baradjawa di Kota Malang ini membawa konsep hospitality.

bardjawa1.jpgMenu yang tersedia di Baradjawa Coffee Malang. (FOTO: Widodo Irianto)

Hospitality adalah konsep atau praktek memberikan layanan yang ramah dan menyenangkan kepada tamu atau pengunjung.

Konsep ini terutama terkait dengan industri pariwisata dan perhotelan, di mana pelayanan yang ramah dan profesional sangat penting dalam menciptakan pengalaman yang positif bagi tamu.

"Konsep itu yang kami usung. Mungkin konsep itu pula yang antara lain mendorong owner Ranchmarket kepada kami untuk membuka outlet di Malang," tambah Erik.

Selain pelayanan yang ramah, Baradjawa juga mengusung inovasi baru di sini di antaranya ada merchandise serta join dengan BNI untuk menghadirkan loyalty club card untuk para customernya.

Dengan loyalty card ini, nantinya bisa digunakan untuk seluruh outlet Baradjawa. Untuk memilikinya, customer bisa langsung membeli seharga Rp 100 ribu dan nikmati banyak keuntungan, mulai dari diskon dan lainnya.

CEO Baradjawa, Rizky menambahkan,  Baradjawa berencana akan membuka outlet di berbagai tempat di seluruh Indonesia untuk menambah khazanah coffee shop dan kuliner yang ada.

Rizky juga berharap, keberadaan Baradjawa ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Malang.

bardjawa3.jpgCEO Baradjawa, Rizky (kanan berjaket cokelat). (FOTO: Widodo Irianto)

Menu yang ditawarkan Baradjawa seperti kopi misalnya, mungkin tidak jauh berbeda dengan tempat lain. Tapi keramahan menjadi pelayanan utama baginya.

Tapi Baradjawa juga punya keistimewaan lain, bahwa sebagian menunya masih tradisional. Bahkan herbal.

Misalnya Alang- Alang, kunyit asem, wedang jahe, bahkan ada getuk Baradjawa, sampai dengan Rawon Djawa dengan harga terjangkau.

Menu-menu lainnya yang modern juga ada. Salah satu yang menjadi kekhasannya adalah Baradjawa Signature, di situ ada ultra tiramisu, walnut brownie dan djava nut coffee.

Beberapa menu khas Baradjawa sekaligus harganya masih terjangkau bagi kantong keluarga, bahkan mungkin bagi mahasiswa.

O ya, Baradjawa sendiri diambil dari dua kata Bara yang artinya Api dan Djawa. "Artinya ya Api Djawa," tambah salah seorang kongsiannya, Arif Affandi.

Cak Lontong, si pelawak tunggal yang juga seorang presenter dan aktor itu mewarnai Grand Opening Baradjawa di Ranchmarket Malang, Minggu kemarin.

"Tapi saya hanya mangayubagyo (ikut bahagia) saja atas pembukaan cafe Baradjawa di Malang ini," katanya di tengah kesibukannya menerima ajakan foto bersama para pengunjung. 

Rizky pun mengaku optimis Baradjawa Malang akan menjadi salah satu coffee yang menjadi destinasi pengunjung yang diminati warga Malang.

Posisinya yang berada di dalam Ranchmarket membuat caffee ini nyaman, ber-AC yang sejauh mata memandang, akan dimanjakan oleh susunan barang-barang kebutuhan rumah tangga.

Apalagi tata ruangnya yang modern minimalis, akan membuat pengunjung betah. Bila terkait kunjungan ke Ranchmarket, maka ibunya bisa berbelanja, bapaknya bisa menikmati sajian caffee Baradjawa.(*) 

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda