Pimpinan DPRD Gresik Telah Dilantik, Plt Bupati Berharap Kolaborasi Perbaikan Iklim Investasi

Plt Bupati Gresik Aminatun Habibah menyalami Ketua DPRD Kabupaten Gresik 2024-2029. (FOTO: M. Fasichullisan)

COWASJP.COM – Peresmian dan pengucapan sumpah para pimpinan DPRD Kabupaten Gresik 2024-2029 telah dilakukan pada Senin 07/10/2024.

Acara ini berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Gresik. Dihadiri jajaran pimpinan dan anggota DPRD, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), pimpinan partai politik, sekretaris daerah, serta jajaran kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Gresik, Aminatun Habibah, menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik. Beliau menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara DPRD dan pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Hubungan kemitraan antara DPRD dan kepala daerah bersifat check and balances.

Dengan pola ini, kita dapat memastikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan dengan efektif dan berkesinambungan," ujar Plt. Bupati.

DPRD memiliki peran penting dalam tiga fungsi utamanya, yaitu legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

"Sebagai regulator, DPRD bersama pemerintah daerah menetapkan berbagai kebijakan, termasuk APBD, yang tentunya harus sesuai dengan aturan perundang-undangan. DPRD juga berperan dalam mengawasi progres kinerja program-program daerah, apakah program tersebut dapat ditingkatkan atau perlu disesuaikan seperti evaluasi yang berlaku," jelasnya.

Plt. Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat dan DPRD untuk bersama-sama mendorong kemajuan Kabupaten Gresik. Beliau menyoroti pentingnya menciptakan iklim yang kondusif bagi investasi serta keamanan, dan stabilitas daerah.

"Pertanyaan tentang apakah Gresik aman untuk investasi terletak pada kita semua, apakah kita mampu bergotong royong untuk membangun daerah ini menjadi tempat yang nyaman bagi para investor dan seluruh masyarakat," tambahnya.

Peresmian dan pengucapan sumpah/janji ini menjadi bagian penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan yang lebih solid ke depannya. Plt. Bupati menutup sambutannya dengan harapan agar DPRD dan Pemerintah Kabupaten Gresik dapat terus membangun sinergi yang lebih erat.

"Semoga dengan terjalinnya kolaborasi yang semakin baik, kita dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gresik. Saya ucapkan selamat kepada pimpinan dan anggota DPRD masa jabatan 2024-2029. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridho-Nya untuk setiap langkah kita dalam membangun Gresik yang lebih maju," tutupnya.

Sebagai informasi, pimpinan DPRD Kabupaten Gresik dalam masa jabatan 2024-2029 yang dilantik:

 M. Syahrul Munir sebagai Ketua DPRD 

Luthfi Dawam sebagai Wakil Ketua I

Mujid Riduan sebagai Wakil Ketua II

Ahmad Nurhamim sebagai Wakil Ketua III.

**

Ke depan, seperti yang disampaikan Ketua DPRD Syahrul Munir, DPRD Kabupaten Gresik segera bekerja untuk membahas tata tertib dan berbagai rancangan peraturan serta secara kolektif mendukung realisasi APBD Kabupaten Gresik untuk kemaslahatan masyarakat. (*)

Pewarta : M Fasichullisan
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda