Smart and Steady, Soaring Upward

Salah satu sudut kampus Unisma (Universitas Islam Malang). (FOTO: tribunewswiki.com)

COWASJP.COM – Adalah Prof Ahmad Sunawari Long, guru besar Universiti Kebangsaan Malaysia mengatakan, pascasarjana sebagai bagian dari pusat keunggulan Unisma yang "smart, steady, soaring upward".

Saya nggak tahu persis maknanya. Namun kira-kira memuji kita sebagai lembaga yang "menyala". Kata-kata itu diucapkan setelah beliau mendarat di Kuala Lumpur, seakan memberi label kepada kita sebagaimana pikirannya. ogiru sokuja

Makna aslinya smart and steady, soaring upward adalah memiliki kecerdasan, kestabilan, dan menjulang tinggi. Kalau di Unisma terbang melesat.

Sewaktu kami berfoto bersama Pak Rektor, para Wakil Rektor, Yayasan di lantai 6 kantor pusat Unisma Selasa, 8 Oktober 2024 pagi, Dekan Fakulti Pengkajian Islam di Universitas world ranking 103 itu juga terkesan dengan ruangan dan tagline baru Unisma "flying high" atau terbang tinggi itu.

Benarkah kita smart atau bekerja cerdas, benarkah kita steady atau tahan banting, benarkah kita mengaum keras atau menjulang tinggi, akan kita buktikan bersama.

Sehari bersama beliau tak lengkap rasanya kalau saya nggak promosi kampus sebagaimana biasanya.

Ada 3 tempat yang beliau sangat terkesan; pertama di ruang tamu dan ruang kerja Rektor, bendera luar negeri yang berjajar, luasnya ruangan serta rujak, bakso Malang sebagai sajian tamu.

Sedangkan dua lokasi lain adalah taman tengah di mana beliau meminta foto bersama saya, dan menikmati duduk di kursi taman yang biasanya ditempati mahasiswa.

Saya mengajak beliau untuk memasuki gedung bundar Prof Dr KH M Tholchah Hasan. Saya yakin saya berhasil mengimpresi beliau.

Kebetulan tentu gedung bundar masih ditutup. Hanya di"selot gerendel" saja, nggak digembok. Maka pada saat masuk gedung bundar beliau impressed atau terkesan banget.

Saya langsung merubah peran menjadi juru foto bagi beliau. Saya berharap beliau bercerita baik tentang Unisma.

Sebagai salah seorang reviewer jurnal internasional Islamic Studies yang beliau pimpin, komunikasi personal kami dan dua kali ikut tilik kampus beliau di Malaysia, saya cukup dekat.

Pesan beliau saat ditanya bagaimana agar Unisma bisa ranking 300 dunia, beliau menyarankan agar setiap even kita menggandeng SDG's .

Mengapa? Agar apabila orang searching atau browsing tentang Unisma atau tentang program Pascasarjana atau Fakultas fakultas, maka otomatis terangkat dengan SDG's yang sudah mendunia dan platformnya sangat kuat.

Selain itu ya tentu; tekad, energi positif dan konsistensi kita, kerja keras kita mengejar visi-misi. Wallahu A'lam.(*

Disajikan oleh Imam Kusnin Ahmad

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda