Voli Indoor Piala Kapolri 2024

Tim Putra Jatim Juara, Kado Istimewa HUT ke 79 Provinsi Jatim

Tim putra voli Indoor Jatim sukses merebut tahta juara Piala Kapolri 2024. (FOTO: M. Fasichullisan)

COWASJP.COM – Tim putra voli Indoor Jawa Timur (Jatim) tampil luar biasa di final Kapolri Cup 2024, di GOR terpadu A Yani Pintianak. Arek-Arek Jatim berhasil mengalahkan tim putra Jawa Barat (Jabar) dengan skor 3-1 (30-28, 23-25, 28-26, 29-27). Pertarungan yang sangat sengit. 

Sukses tim putra Jatim ini merupakan kado Istimewa bagi Provinsi Jatim yang tengah merayakan ulang tahunnya ke 79 (Sabtu 12 Oktober). 

Rivan Nurmulki dkk juga membawa pulang sejumlah pernghargaan. 

JALANNYA PERTANDINGAN

Duel dua tim besar Jatim versus Jabar menyita perhatian publik bola voli di tanah air. Pasalnya kedua tim sama-sama menunjukkan kehebatannya di lapangan. Set pertama kedua tim sudah memperlihatkan aksi briliannya lewat smes-smes tajam yang terarah hingga membuat ribuan penonton yang memadati GOR Terpadu A Yani, Pontianak, Kalimantan Barat dibuat sport jantung. 

Kejar mengejar perolehan poin terjadi sepanjang set ini. Set pertama harus berakhir dengan skor 30-28 untuk Jatim. 

Set kedua Jabar yang berkoar ingin membantai Jatim seperti di babak 8 besar tampil menggila. Farhan Halim, Cep Indra, Fikri Mustofa Kamal dan dan setter Jasen Natanel Kilanta membuktikan kedigdayaannya di hadapan Arek-Arek Jatim. Meski sempat mendapat perlawanan sengit dari Rivan Nurmulki, Agil Angga Anggara, Nizar Zulfikar, Teddy Oka maupun Dony Haryono, tapi Jabar tetap membara dengan tampilan ciamiknya. Jabar menang dengan skor 25-23.

Skor imbang 1-1, laga kian sengit. Jatim yang tak ingin kalah di set ke 3 bermain penuh perhitungan. Dukungan ketua umum Pengprov PBVSI Jatim yang sekaligus Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto yang datang langsung ke Pontianak membuat semangat Arek-Arek Jatim membara. Rivan Nurmulki, Agil Angga, Teddy Oka maupun Nizal Zulfikar tampil menggila. Meski demikian Jatim tetap kesulitan menjinakkan Jabar.  Jabar  memberikan perlawanan sengit. Set ketiga ini memakan waktu satu jam lebih. Akhirnya Jatim menang 28-26.

Unggul 2-1 Jatim kian percaya diri. Namun lagi-lagi Jabar yang mayoritas pemainnya tim inti PON Jabar yang meraih medali emas PON XXI Aceh-Sumut 2024 tetap menyulitkan Jatim. Bahkan set ke 4 yang menjadi set penentuan berlangsung tegang dan dramatis. 

Untuk kesekian kalinya laga harus di akhiri dengan skor besar yakni 29-27, dan Jatim unggul 3-1. 

Kendati kalah, pelatih Jabar, Samsul Jais tetap merasa puas karena dapat menghibur masyarakat dengan sajian yang menarik ditonton. "Meskipun Jabar kalah tapi ini pertandingan sangat menarik," kata Samsul.

Sedangkan pelatih Jatim, Iwan Dedi Setiawan merasa bersyukur dengan sukses timnya meraih gelar juara. ogiru

"Saya bersyukur tim saya bisa menang dan juara. Tertinggal 20-24 di set keempat kita bisa mengejar sampai bisa menang. Itu luar biasa," tutur pelatih yang lebih akrab disapa Giso usai laga.

Jatim selain mendapat medali dan piala tetap, juga memperoleh piala bergilir dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 500 juta. Sedangkan Jabar sebagai runner up mendapat hadiah Rp 350 juta.

Jatim juga menerima gelar pemain terbaik (MVP) yang diraih Agil Angga Anggara dan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 20 juta.

Jatim juga menerima hadiah best libero yang diraih Hendry Ade dan best middle blocker diraih Teddy Oka Syaputra. 

Sedangkan best outside hitter ditempati Hayun Muhammad dari Kalsel, best opposite spiker diraih Muhamad Fikri Mustafa Kamal dari Jabar. Dan best setter diraih Jasen Natanael Kilanta dari Jabar. 

Semua peraih predikat best mendapat hadiah uang pembinaan masing-masing Rp 10 juta.

DAFTAR JUARA DAN PENGHARGAAN

Piala Kapolri 2024

Juara I : Jawa Timur, tropy + Rp 500 juta

Juara II : Jawa Barat, Rp 350 juta

Juara III : Kalimantan Selatan, Rp 150 juta

Juara IV:  DKI jakarta, Rp 100 juta. 

Penghargaan Individu

Best Outside Hiter :Hayun Muhamad (Kalimantan Selatan)

Best Opposide Spiker : M Fikri Mustofa Kamal (Jawa Barat) 

Best Midle Bloker: Teddy Oka Saputra (Jawa Timur) 

Best Setter : Jasen Batanel Kilabta (Jawa Barat ) 

Best Libero : Hendri Ade (Jawa Timur) 

MVP : Agil Angga Anggara (Jawa Timur). (*)

Pewarta : M Fasichullisan
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda