Bandara Internasional Dhoho Kediri Diresmikan, Persiapkan Rute Umroh Kediri-Tanah Suci

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) hadir meresmikan Bandara Internasional Dhaha Kediri, Jumat 18 Oktober 2024. (FOTO: Imam Kusnin Ahmad)

COWASJP.COM – Yang ditunggu-tunggu masyarakat Kediri dan sekitarnya telah tiba. Yaitu diresmikannya Bandara Internasional Dhoho, Kediri, Jumat 18 Oktober 2024.

Sejumlah menteri dan pejabat daerah hadir dalam acara peresmian Bandara Udara Dhoho Kediri dan groundbreaking pembangunan akses jalan tol tersebut. 

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan datang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa momentum hari ini menjadi bagian penting untuk pengembangan koneksivitas dan ekonomi di selatan Pulau Jawa. 

"Bandara Dhoho Kediri menjadi proyek percontohan pertama di Indonesia. Di mana proyek ini datang dari pihak swasta yang didukung oleh pihak pemerintah," ujar Luhut.

Menurut Luhut, kehadiran Bandara Internasional Dhoho mencerminkan kolaborasi efektif antara sektor publik dan swasta. 

"Saya senang karena di selatan Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur tidak ada konektivitas udara. Nanti kalau pembangunan tolnya jadi, Kertosono - Surabaya kira-kira ditempuh hanya 1 jam 20 menit. Artinya itu sangat bagus. Dari sini bisa terbang ke mana-mana, haji dan umroh . Biar teman-teman yang tinggal di selatan Pulau Jawa mendapat fasilitas yang sangat bagus, tanpa harus pergi ke Surabaya," ungkapnya.

Luhut mejelaskan, Bandara Internasional Dhoho Kediri memiliki kualitas sangat bagus. Ia menganggap keberadaan Bandara Dhoho di Kediri adalah keputusan yang sangat tepat. "Jika jalan tol nanti jadi, dalam 10 tahun ke depan akan berubah land scape nya. Di sini orang akan lebih senang memilih terbang dari Kediri daripada dari Surabaya. Kalau dari sini (Kediri) ke Surabaya butuh waktu satu jam. Karena dari lapangan terbang Juanda dengan traffic yang ada sekarang juga sampai 1 jam. Di sini kita merasakan berapa pentingnya infrastruktur itu," urainya.

SUDAH LAYANI 20.000 PENUMPANG, SIAPKAN RUTE KEDIRI - TANAH SUCI

Diketahui sejak soft launching pada 5 April 2024, Bandara Dhoho Kediri telah melayani lebih dari 20 ribu penumpang dengan total 175 penerbangan. Keterangan ini disampaikan Presiden Direktur PT Surya Dhoho Investama Istata T. Siddharta.

"Diharapkan segera melayani penerbangan internasional. Saat ini kami tengah mempersiapkan rute umroh langsung dari Kediri ke Tanah Suci, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang ingin menunaikan ibadah agar lebih mudah," tambahnya.

"Hari ini juga diletakkan batu pertama atau groundbreaking atas akses jalan tol yang menghubungkan Bandara Dhoho dengan Kota Kediri. Yang akan semakin memudahkan akses bagi pengguna Bandara dan masyarakat. Kami berharap Bandara Dhoho bisa menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Kediri dan daerah sekitar. Seperti Nganjuk, Madiun, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, dan Blitar," pungkasnya.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda