Lari 10 K Kelilingi Candi di Trowulan

Foto dan ilustrasi: CoWasJP.com

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Sukardi

-----------------------

LOMBA lari 10 K (kilometer) spektakuler dan kali pertama  tengah dirancang untuk memeriahkan HUT Mojokerto. 

Spektakuler karena lomba ini diperkirakan diikuti belasan ribu peserta. Bahkan mungkin lebih dari 20 ribu peserta.

Perhelatan akbar ini digelar Minggu 15 Mei 2016. HUT Mojokerto jatuh pada hari Senin 9 Mei. Karena itu Lari 10 K diselenggarakan Minggu 15 Mei.

Penyelenggaranya KONI Kabupaten Mojokerto. Hajat besar ini merupakan kolaborasi antara olahraga dengan pariwisata yang ada di kawasan peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan. Acara dengan skala nasional itu akan diikuti atlet lokal dan nasional. Karena itu persiapannya sudah mulai dilakukan sekarang dengan menggelar berbagai rapat dengan pihak terkait. Termasuk PASI Jatim yang dipercaya sebagai pelaksana teknis di lapangan.

Firman Efendi, ketua umum KONI Kabupaten Mojokerto mengatakan, bahwa lomba lari 10 K yang digelar kali pertama ini memiliki kekhususan tersendiri, karena akan melintasi sejumlah peninggalan Majapahit yang ada di kawasan Trowulan. Selain untuk menggairahkan olahraga lari, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan peninggalan Majapahit di Trowulan kepada para peserta yang berasal dari luar daerah, bahkan luar pulau yang ada di negeri ini.

Karena memiliki tujuan ganda, maka acara yang dihelat dalam rangkaian Hari Jadi Kabuopaten Mojokerto ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kantor Disporabudpar setempat. Rencananya, acara spektakuler ini akan menjadi agenda tahunan KONI setempat.  

fe593084-94af-4d08-85b8-6a458a9378c9jXiQ6.jpg

Rapat perdana dengan pengurus PASI jatim. (Foto: Sukardi/CoWasJP.com)

Dipilihnya lomba lari 10 K di kawasan Trowulan ini, karena mempunyai keinginan jangka panjang yang lebih besar, yakni agar kegiatan kolaborasi olahraga dengan pariwisata dapat menjadi magnet besar untuk menarik para turis dari mancanegara datang ke Trowulan.  Karenanya, pelaksanaannya nanti diupayakan bekerjasama dengan biro perjalanan dan hotel yang ada di Jatim khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Bahkan secara khusus promosi kegiatan ini akan dilakukan di kawasan Bali untuk menggaet para wisatawan yang kini sedang berlibur di sana.

Karena merupakan kegiatan berskala nasional, maka pelaksanaannya nanti harus benar-benar profesional. Apalagi, nanti juga mengundang sejumlah biro perjalanan dan perwakilan hotel yang ada di Jatim.

fddb41ed-124a-436a-8afd-e83793a1665ewprdK.jpg 

Lomba lari 10 K keliling candi di Trowulan dipastikan akan mempunyai dampak positif bagi perekonomian masyarakat di Trowulan, terutama kegiatan UKM yang ada di daerah setempat.

‘’Memang tahun ini merupakan penyelenggaraan kali pertama, tapi harus sukses kegiatan dan pesertanya,’’ ujarnya.

Lomba lari 10 K ini akan dibagi beberapa kategori yakni, pelajar, atlet nasional, TNI dan Polri serta umum. Setiap kategori disiapkan hadiah uang tunai dengan nilai yang cukup menggiurkan. Selain itu disiapkan pula hadiah khusus untuk pemecah rekor pada kegiatan ini.

Rencananya, kegiatan lomba lari 10 K ini start dan finish di Pendapa Agung, Trowulan . Karena tempat ini mampu menampung peserta hingga puluhan ribu orang.**

Baca Berita-berita Lainnya di CoWasJP.com. Klik Di Sini

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda