Mario Aniaya Mualaf dengan Keji, Dipamerkan

David (korban penganiayaan) bersama Agnes (yang wadul dan provokator yang membuat Mario aniaya David). (FOTO: Twitter - antvklik.com)

COWASJP.COMKasus ini meledak. Mario (20) menganiaya David (17) sampai koma. Mario anak pejabat Kemenkeu, David anak petinggi GP Anshor. Terungkap harta ortu Mario Rp 56 miliar mencurigakan. Akhirnya ambyar. Para pejabat tinggi negara bicara.

***

MENKO Polhukam, Mahfud Md yang diminta komentar wartawan, usai membuka acara Halaqoh Nasional Alim Ulama di Slipi, Jakarta Barat, Jumat (24/2) menjawab: "Biar dibuka KPK."

Ternyata harta ortu Mario, pejabat Dirjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo, sudah disoal Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sejak lama. Dan, Mahfud membenarkan itu.

Mahfud: "Laporan kekayaan yang bersangkutan di PPATK itu sudah dikirimkan oleh PPATK ke KPK sejak tahun 2012, terkait transaksi keuangan yang aneh, tetapi oleh KPK belum ditindaklanjuti. Sudah, itu saja."

Ditanya, mengapa sepuluh tahun lalu KPK tak bertindak? Mahfud menjawab: "Biar sekarang dibuka KPK."

Terus, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas selaku Ketua GP Anshor, mengutuk keras penganiayaan itu. Korban David adalah anak Jonathan Latumahina, petinggi Pengurus Pusat (PP) GP Ansor, badan otonom Nahdlatul Ulama di bidang kepemudaan.

Yaqut: "Anak kader (Anshor) anakku juga. Catat ini," ujar Yaqut dalam cuitan di Twitter, Kamis (23/2/2023). 

Yaqut menjenguk David yang koma (sudah lima hari) di ICU RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam foto di Twitter, Yaqut memegangi kepala David, menatap wajah David yang terus merem. Dokter menyatakan, ada kerusakan otak.

Di unggahan itu Yaqut mengungkap, David masuk Islam tiga tahun lalu. Video saat David dibaiat diunggah juga.

Yaqut: "Ini David, tiga tahun lalu saat datang sendiri. Minta disyahadatkan di daerah Muntilan, Magelang. Menyusul bapaknya yang sudah lebih dahulu bersyahadat."

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, langsung mencopot jabatan ayah Mario. Terutama, karena Mario memamerkan hidup mewah. Saat menghajar David, Mario datang dengan jip mewah Robicon Wrangler seharga Rp 1 miliar.

Mario juga sering pamer foto di sosmed dengan motor mewah Harley Davidson. Dua kendaraan mewah ini ternyata tidak tercatat di LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) bapaknya.

Pencopotan ayah Mario, Rafael Alun Trisambodo diumumkan Sri Mulyani, Jumat, 24 Februari 2023.

Sri Mulyani: "Saya minta hari ini RAT (Rafael Alun Trisambodo) dicopot dari jabatan dan tugasnya. Saya minta diperiksa dengan teliti agar bisa diberikan hukuman sesuai tindakan disiplin yang telah dilakukan."

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyatakan, mendukung tindakan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulis, Jumat (24/2) menyatakan: "Jangan sampai ada ketidakpercayaan masyarakat terutama mereka yang membayar pajak kepada pemerintah. Kemudian mereka wah. Mereka menjadi ada tidak percaya karena pajak yang dibayarkan, digunakan oleh orang per orang. Saya kira itu penting."

Tekanan publik sangat besar itu membuat ayah Mario, Rafael Alun Trisambodo menulis surat pengunduran diri dari jabatan, sekaligus dari ASN (Aparatur Sipil Negara). Surat pengunduran diri Rafael dipublikasi, Jumat (24/2) juga. 

Dalam surat, Rafael juga meminta maaf kepada GP Anshor, PBNU, Kementerian Keuangan dan masyarakat Indonesia atas ulah anaknya menganiaya David. Rafael mendoakan agar David segera sembuh. Sedangkan, ia membuka diri untuk diperiksa pihak mana pun (KPK) hartanya yang sudah dicurigai masyarakat.

Tersangka Mario yang kuliah di Universitas Prasetya Mulya Jakarta, langsung dipecat. Pengumuman pecat (Drop Out - DO) disebarkan pihak universitas Jumat, 24 Februari 2023.

Bunyi surat pemecatan diteken Rektor Djisman Simandjuntak, Jumat (24/2) begini:.

"Rapat Pimpinan Universitas Prasetiya Mulya memutuskan untuk mengeluarkan tersangka Sdr. Mario Dandy Satriyo dari Universitas Prasetiya Mulya terhitung sejak tanggal 23 Februari 2023."

Ditambahi pernyataan, pihak Universitas Prasetya Mulya mengecam keras tindakan penganiayaan oleh Mario terhadap David. Juga, doa agar David cepat sembuh.

Pacar Mario bernama Agnes (15), yang ikut menyaksikan penganiayaan tersebut, juga disanksi oleh tempat dia bersekolah di SMA Tarakanita 1 Jakarta. Padahal, Agnes jadi ikon sekolah tersebut saat penerimaan siswa baru tahun lalu.

Kepala SMA Tarakanita 1 Jakarta, Sr. Pauletta dalam pengumuan tertulis menyatakan: "Bahwa terhadap siswi yang bersangkutan (Agnes) telah diambil tindakan sesuai aturan sekolah dan dengan memperhatikan Undang-Undang terkait, antara lain tentang perlindungan anak. Kami mendukung proses hukum yang berlaku terhadap perkara penganiayaan."

mario.jpgAgnes (kanan) bersama Mario Dandy Satriyo. Agnes ikut terseret dalam kasus penganiayaan dengan korban David. (FOTO: TWITTER/@wakanda6969 - orbitindonesia.com)

Surat itu diumumkan Jumat (24/2) juga. Kasus ini menggelinding sangat cepat. Perubahan besar terjadi pada Jumat (24/2). Melebar ke mana-mana, sampai ke dugaan korupsi ayah tersangka Mario. Mengapa?

Asalnya begini: Mario punya pacar nama Agnes. Sedangkan, Agnes mantan pacar David. Agnes melapor ke Mario, bahwa David berlaku tidak baik pada Agnes. (tindakannya tidak dirinci).

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada pers merinci kronologi kejadian:

"Berawal info dari Saudari A (Agnes) kepada MD (Mario Dandy) bahwa korban (David) memperlakukan kurang baik terhadap A."

Sehingga Mario menelepon David, hendak mengkonfirmasi, apakah benar David memperlakukan Agnes tidak baik? Tapi, hubungan telepon tidak terhubung. Di WA juga tak terbalas.

Lalu berubah strategi. Agnes kirim WA ke David, minta ketemu dengan alasan akan mengembalikan kartu pelajar David yang masih terbawa Agnes. Karena antar mereka dulu pacaran.

Barulah David merespon. David mau ketemu. Ditentukan, tanggal pertemuan Senin, 20 Februari 2023.

Pada hari tersebut, Agnes WA David lagi, tanya ketemu di mana? Dijawab David: "Sekarang, aku lagi main di rumah R. Lokasi di Kompleks Grand Permata, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Barat."

Agnes, Mario dan teman Mario inisial SLR (19) berangkat naik jip Robicon Wrangler B-120-DEN ke lokasi tersebut. Tiba di lokasi, Agnes WA David lagi. Memberitahukan, mereka sudah tiba di lokasi.

David awalnya tidak keluar dari rumah R. Tapi setelah ditelepon beberapa kali, akhirnya David keluar, menemui mereka. 

Saat itulah David dihajar Mario. Teman Mario, SLR (sudah berstatus tersangka) ikut juga memukul David. Bahkan, SLR merekam kejadian itu dengan HP milik Mario.

Tampak, David dihajar Mario sampai terkapar di tanah. Tak bergerak. Tidur miring kanan. Lalu Mario mendekati tubuh itu, berlari kecil. Menendang kepala David seperti menendang bola sepak. Kepala David tergeol-geol. Terguncang-guncang. Selesai.

Rekaman video itu diunggah ke sosmed oleh SLR. Akhirnya ambyar...

Warganet fokus di kejadian penganiayaan, juga pada jip Rubicon. Dicari, siapa Mario di sosmed. Ketemu foto-fotonya, pamer naik motor Harley Davidson. Dicari lebih mendalam, ketemu, Mario anak pejabat Kemenkeu. Terus... menggelinding.

Ayah Mario, Rafael memang pejabat Kemenkeu. Karirnya selama ini cukup moncer. Jabatan terakhir Kepala Bagian Umum DJP Kanwil Jakarta Selatan.

Tapi yang penting (buat publik) jumlah hartanya. Rafael punya beberapa tanah dan rumah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta Barat. Hartanya Rp 56 miliar. Diselidik lagi, ternyata ada transaksi keuangan yang mencurigakan. Bahkan sejak tahun 2012 sudah dilaporkan PPATK ke KPK, tapi tidak direspon KPK.

Padahal, perkara semula asmara remaja. Cemburu asmara. Dua pria konfrontasi (tapi ini bukan perkelahian, melainkan penganiayaan) terkait cewek. Berebut cewek.

Tapi, berdasar psikologi, model begini bukan bermotif berebut cewek. Simak teori berikut ini:

Sarah E. Ainsworth dan Jon K. Maner dalam karya ilmiah bertajuk: "Sex begets violence: Mating motives, social dominance, and physical aggression in men", dimuat di Journal of Personality and Social Psychology, 2012, menyebutkan begini:

Pada kasus agresi pria terhadap pria terkait seorang wanita yang jadi pacar mereka, umumnya dianggap perang perebutan wanita itu. Kebanyakan wanita percaya, bahwa pria perang lawan pria itu, berjuang untuk memenangkan kasih sayang si cewek.

Sedangkan hasil riset di karya Ainsworth dan Maner, tidak begitu. Tidak seperti anggapan banyak wanita itu. Bahkan, tidak seperti anggapan publik pada umumnya.

Riset Ainsworth dan Maner dilakukan di Departemen Psikologi, Florida State University, Amerika Serikat, 2012. Topiknya seperti tersebut di atas. Hasilnya:

Pria melakukan agresi terhadap pria terkait seorang wanita, bermotif rebutan dominasi sosial. Bukan rebutan cewek, meski persoalan awalnya terkait cewek yang sama (satu cewek).

Dominasi sosial demi pengakuan publik. Petarung berharap pengakuan publik, bahwa salah satu pemenangnya dominan secara sosial. Contoh dominasi sosial paling jelas, pada anjing jantan, atau kucing jantan, yang mengencingi titik-titik tertentu di suatu tempat. Sebagai klaim, bahwa titik yang dikencingi itu wilayah binatang yang mengencingi. Dominasi sosial.

Pada manusia, adalah kebanggaan pemenang yang dipamerkan (via sosmed)  kepada publik, bahwa si pemenang itulah yang dominan. Pesan yang ingin disampaikan pemenang kepada publik: "Maka, jangan macem-macem sama gue."

Ainsworth & Maner: "Bukan perebutan cewek itu."

Sedangkan, untuk merebut hati wanita, setiap pria secara instinktif sudah punya cara tersediri. Pria menggunakan perilaku tertentu untuk menarik perhatian wanita. Tujuan utama: Seks (bagi pria). Reproduksi atau meneruskan keturunan (bagi wanita).

Di kasus Mario, jelas. SLR mempublikasi (upload) video tersebut pastinya atas persetujuan Mario. Sebagai dominasi sosial mereka.

Hasilnya, unggahan itu justru meledak jadi masalah nasional. Dan, dominasi sosial semacam ini belakangan sangat marak. Anda bisa menemukan banyak contoh kejadian. (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda