Sang Begawan Media

Zaytun Gontor

Dahlan Iskan dan para santri Ponpes Al-Zaytun. (FOTO: DISWAY)

COWASJP.COMKAPAN mimpi membangun pesantren Al-Zaytun ini bermula? Sewaktu sekolah di Gontor Ponorogo?

Itulah pertanyaan saya kepada Syekh Panji Gumilang. Jumat malam lalu. Yakni saat kami berdua semobil selama lebih satu jam menuju pesantrennya di pedalaman Indramayu.

Saya memang menduga demikian. Begitu banyak alumnus pondok modern Gontor yang membangun pesantren. Di daerah asal masing-masing. Mereka ingin mengadopsi sistem yang ada di Gontor. Yang mereka anggap sangat unggul.

Jawaban Syekh Panji justru mengejutkan saya. "Saya ini justru ingin mengoreksi Gontor," katanya.

Panji enam tahun sekolah di Gontor. Tamat tahun 1966. Ia melihat dan merasakan terlalu banyak kekerasan di sana. Hukuman kepada siswa terlalu keras. Sampai ke pemukulan saat itu.

Penegakan disiplin memang sangat ketat di Gontor. Lokasi pondok Gontor di pedesaan. Nun di setengah jam di selatan Ponorogo. 

Santri yang ketahuan berbicara tidak menggunakan bahasa Inggris atau Arab dihukum. Apalagi yang meninggalkan asrama. Atau mengambil barang teman seasrama.

Syekh Panji Gumilang pun menanamkan tekad: kalau kelak mendirikan pesantren tidak boleh ada kekerasan. Sedikit pun. "Di Al-Zaitun damai sekali," katanya.

Masih ada lagi yang dikoreksi dari Gontor. Soal makanan santri. Ia menilai makanan untuk anak tingkat SMP-SMA di sana, kala itu, sangat tidak cukup. "Itu mengakibatkan siswa berbohong," katanya.

Panji sendiri, waktu di sana, menjadi sering berbohong. Selesai salat Isya ia sering minta makanan ke dapur. Untuk dibawa ke asrama. Alasannya: untuk makan sahur. Besoknya akan berpuasa.

Ketika paginya ketahuan ikut sarapan, Panji ditegur: katanya puasa. "Maka saya berbohong lagi. Saya bilang lupa," ujarnya.

Sejak itu tertanam dalam tekadnya: kelak, kalau membuat pesantren, santri harus cukup makan. Untuk bisa memberi cukup makan harus punya sumber makanan sendiri.

Di Al-Zaytun, santri mendapat sarapan pagi. Lalu dibekali kue yang cukup. Untuk dibawa ke kelas. Pukul 10.00, saat istirahat, santri makan kue itu: roti.

Siang hari santri mendapat makan siang. Lalu dibekali kue lagi. Dibawa ke kelas. Untuk dimakan saat istirahat sekitar jam 15.00. Malam hari dapat makan malam yang cukup. Nilai gizinya pun dihitung secara modern. Harus cukup gizi. 

Kontrol kedisiplinan di Gontor memang ketat. Lewat struktur kepengurusan santri. Yang senior diberi wewenang untuk mengawasi yang junior. Mereka juga punya wewenang menjatuhkan hukuman bagi para pelanggar. 

Pada saatnya Panji Gumilang menjadi senior di Gontor. Ia duduk di struktur kepengurusan santri. Ia pun bertekad selama setahun kepengurusannya tidak boleh terjadi satu pun kekerasan kepada junior.

Dari situ Panji Gumilang memang beda. Sejak remaja. Pun di tengah sistem yang keras.

Suatu saat santri mendapat pelajaran langsung dari pimpinan  pondok Gontor: KH Zarkasyi. Kiai Gontor itu menjelaskan mengapa Gontor hanya menerima santri laki-laki. Waktu itu.

"Mengurus satu santri perempuan lebih sulit daripada 1.000 santri laki-laki," ujar Panji menirukan kata-kata Kiai Zarkasyi.

Panji langsung ingin mengacungkan tangan. Ia ingin bertanya. Tapi temannya mencegahnya. Tidak sopan santri menyela pembicaraan kiai.

Tentu Panji ingin interupsi karena tidak akan ada tanya jawab setelah itu. 

dahlan1.jpgFOTO: DISWAY.

Meski usaha menyela itu gagal, Panji bertekad akan tetap mempertanyakan kata-kata kiainya itu.

Pasti ada kesempatan lain. Kapan saja.

Ketika kesempatan itu tiba, Panji pun bertanya: bagaimana dengan nasib wanita di masa depan kalau mereka tidak bisa mendapat pendidikan.

Jawaban Kiai Zarkasyi membuatnya sangat lega: "Di masa kalian kelak sudah akan berbeda". 

Kalau pun jawaban kiainya tidak begitu, Panji bertekad, kalau bikin pesantren kelak, akan menerima santri wanita. 

Gontor sendiri kemudian membangun pesantren khusus wanita. Besar sekali. Lebih 100 hektare. Di daerah Mantingan. Di pertengahan antara Ngawi dan Sragen. Kalau lewat tol, dari arah Solo ke Surabaya, exit-nya di Mantingan, setelah Sragen.

Sebenarnya Panji agak telat masuk Gontor. Setamat ibtidaiah (SD) di Dukun, ia tidak langsung ke Gontor. Dukun adalah satu desa di kecamatan Gresik. Status Gresik waktu itu memang kecamatan. Kabupatennya Surabaya. Seperti halnya Jombang, masih satu kecamatan juga di bawah kabupaten Surabaya. 

Maka kalau Bung Karno ditulis dalam sejarah sebagai lahir di Surabaya itu tidak salah. Tentu orang Jombang kini bisa klaim Bung Karno lahir di Jombang.

Waktu itu orang tua Panji tidak langsung kirim anaknya ke Gontor. "Takut di Gontor tidak diajari membaca Quran dan kitab kuning," kata Panji mengutip ayahnya.

Sang ayah adalah kepala desa di Dukun. Kakeknya pun kepala desa di situ. Pun buyutnya. Leluhur Panji pindah ke Dukun dari kampung aslinya di Pamekasan. Kini pun kepala desanya masih keponakannya.

Setelah tamat ibtidaiah, Panji dikirim ke pondok Peterongan, Jombang. Tidak kerasan. Lalu ke pondok di Kaliwungu, sebelah barat Semarang. Tidak kerasan. Pendaftaran siswa di Gontor sudah tutup. Maka Panji pun dimasukkan ke pondok Maskumambang, Gresik. Tidak kalah besar dari Peterongan. Juga tidak kalah terkenal. 

Maskumambang dekat sekali dengan Dukun. Zaman itu keinginan masuk pondok haruslah pondok yang jauh. Kian jauh kian baik.

Setelah hampir setahun di Maskumambang barulah Panji dimasukkan ke Gontor.

Pun ketika tamat dari Gontor Panji dilarang meneruskan ke IAIN  Jakarta. Terlalu jauh. Mahal. Tidak ada keluarga dekat. Dan yang penting: keadaan lagi tidak aman. Tahun 1966 Jakarta sangat kacau. Tegang. PKI baru saja dibubarkan. Bung Karno harus diturunkan.

Panji nekat ke Jakarta. Pun ketika tidak diberi uang oleh orang tua. Panji tahu cara dapat uang. Ia datang ke jaringan dagang ayahnya di Lamongan. Dagang hasil bumi. 

Panji pun pinjam uang ke rekan dagang ayahnya itu. Senilai beras 1,5 kuintal. Ia tahu ayahnya pasti kirim hasil panen ke orang itu. Panji berterus terang: pinjaman itu sebagai siasat agar orang tuanya memberi uang untuk kuliah.

Sejak di Gontor, Panji sudah mendengar: begitu hebat IAIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Jakarta. IAIN Ciputat jadi buah bibir melebihi IAIN lainnya. Boleh dikata cita-cita santri Gontor umumnya ingin melanjutkan kuliah ke sana. Setidaknya ke IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Di UIN (sebelumnya IAIN) Ciputat itulah Panji bertemu banyak pemikir Islam. Terus berdiskusi dengan mereka. Ia ikut jadi aktivis. Ia jadi pengurus cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ia ikut mengusung tokoh pembaruan pemikiran Islam Dr Nurcholish Madjid terpilih kembali menjadi  ketua umum HMI. Nurcholish, sebagaimana Bung Karno, Gus Dur, Cak Nun, dan pelawak terkenal Srimulat Asmuni, adalah orang Jombang.

Ciputat sangat memengaruhi Panji. "Di Ciputat begitu banyak diskusi. Begitu banyak gagasan. Termasuk bagaimana harus membangun masa depan bangsa dan umat," ujar Syekh Panji di dalam mobil itu. 

Maka dari gabungan Gontor dan Ciputat lahirlah ide Al-Zaytun. Ditambah dengan perjalanan hidupnya yang lebih 10 tahun di luar negeri.

Pondok besar, sekolah besar, universitas besar melahirkan gagasan besar. Juga tindakan besar. Terutama di tangan orang yang isi kepalanya besar. (*) 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 22 Mei 2023: Zaytun Ibrani

Amat K.

Jika cinta membuat bahagia, mengapa juga ada kecewa dan duka yang menyertainya? Kata Emboen, "Engkau salah dalam mengharap. Keliru dalam bercinta. Sebab cinta karena-Nya dan pada-Nya adalah sebenar-benar cinta."

Lusy Anggraini

Mon maap pak LP coba emboen-emboenane ditiup biar hormon rusuhnya bangkit lagi... Wkwkwk seperti bayi kalau lagi tersedak kata orang Jawa "sebulen embun-embunane"

Leong Putu

Hari ini hari senen / Mulai hari dengan ngopi / Saya ndak mau komen / Hanya ucap selamat pagi / .... 365_mantun ngopi

AnalisAsalAsalan

Tulisan Abah: "....Di zaman Muhammad laki perempuan dibuat sejajar," ujar Syekh Panji. Saya pun tahu arahnya ke mana. ##### Tulisan ini membuktikan Abah bukan wartawan in-depth interview... Kalah jauh dengan Najwa Shihab. Sebagai orang yang pernah belajar ushul fikih, seharusnya Abah bertanya dalil shaf perempuan itu dari mana? Dari otak? Atau Al-Qur'an dan hadits? Kalau dari Al-Qur'an, tafsir mana yang diikuti? Ingat! Siapa menafsirkan Al-Qur'an hanya berdasarkan otak (ra'yu), siapkanlah tempat duduknya di neraka. Kalau dari hadits, derajat hadis apa? Syarah hadis ikut siapa? Apa mensyarah sendiri? Metode syarahnya apa? Namun, saya maklum, Abah kan wartawan feature, jadi... Anda sudah tahu.

Dacoll Bns

Teringat kata guru ngaji saya, umat sekarang ini terjepit. Nun jauh di kiri ada kaum liberal dan hedon yang tidak perduli sama sekali dengan akhirat , mencari harta sebanyak- banyaknya dengan cara apapun juga asalkan bisa kaya di dunia ini, bersenang -senang tanpa batas moral mengejar 4F (Fun, Fashion, Food dan Fame). Sementara nun jauh di kanan ada umat yg merasa sangat religius hingga wirid sambil menari nari di atas makam orang beriman, berdzikir sambil berjoget, sholat tarawih 23 rakaat dalam 7 menit , dsb dengan alasan kearifan lokal. Nun jauh di atas ada para politikus berebut kuasa juga dengan segala cara, berbagi uang suap, berjanji kepada konstituennya namun setelah itu lupa hanya agar dipilih dalam 5 tahun ke depan. Sementara di bawah kemiskinan merajalela yg berujung pada kebodohan baik secara akademis namun yang lebih mengkhawatirkan secara agama. Sementara kita ini , Umat yang ditengah- tengah dan biasa- biasa saja, yang hanya ingin melaksanakan sunah nabi apa adanya tanpa ditambah-tambahi karena sudah saking banyaknya, menjadi seolah- olah terjepit , oleh yg di kiri dibilang sok alim, oleh yg dikanan dibilang tidak menghargai tradisi, sementara yg diatas menyebut-nyebut radikal radikul, dan yg di bawah pun terbawa arus dari mereka yg di atas, di kanan atau di kiri, mudah terombang- ambing akibat kemiskinan dan kebodohan itu tadi. Wallahualam bisshawabb,di masa seperti ini hanya Allah SWT saja yg bisa menjaga kita dan keluarga kita dari Dajjal yg sudah merajalela

Lagarenze 1301

Mungkin yang dimaksud Pandawara? Lima anak muda hebat, Rafli Pasya (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muchamad Iksan (21), dan Rifki Sa'dullah (22).

Xiaomi A1

Pernah mendengar nama "Pandawa Group"? Pasti anda sudah tahu, mereka adalah 5 orang pemuda yang kerjaannya membersihkan sampah dimana-mana.. Hari ini mereka membersihkan "Pantai Labuan di Pandeglang", salah satu pantai paling kotor di Indonesia (klo tidak percaya, googling saja) Semoga semakin banyak generasi muda Indonesia yg menginspirasi secara sederhana tapi nyata.. Salam :)

Jimmy Marta

Engineer perkapalan Indonesia sudah cukup hebat. KMP New Rose, fery ro-ro berat 1.395 GT itu sudah hasil karya teknisi Indonesia.

Juve Zhang

Teknolog mobil listrik pun BYD sudah mengungguli Tesla .mengapa ? BYD tak pakai Nikel mereka pake Lithium dan sekarang Sodium alias garam. Murah meriah. Nikel mahal sekali jadi BYD pake bahan baku yg murah meriah. Sehingga harga jual kejangkau. Mengapa Tesla ngeprank pak Jokowi ya itu dia penjualan gak naik seperti rencana , karena semua pabrikan buat versi listrik nya. Ditambah batere Sodium sudah masuk dunia komersial .maka prank nya EM jangan dianggap main main ke pak Jokowi. Memang Tesla hanya produksi sedikit dari empat pabrik gede nya. Gede kapasitas , kecil produksinya.nasib.

Juve Zhang

Al zaytun sanggup bangun kapal kayu 600 ton pake tenaga sendiri. Luar biasa ilmu teknik kapal bukan mudah. Apalagi tak ada Jurusan insinyur perkapalan. Zaman purbakala di proyek saya memberanikan diri mendisain dan membuat tongkang pengangkut tiang pancang dari pantai ke tengah dikit. Kita harus hitung uplift .berat sendiri dan hidrodinamis artinya tongkang mudah membelah air. Sukses tongkang mini bekerja baik. Kita punya PT .PAL yg konon belum bisa mendisain kapal selam sendiri. Terakhir di ajari Insinyur Korea sudah bisa buat satu kapal selam kelas nya belum yg canggih yg bisa meluncurkan rudal dari bawah laut. Tapi itu sudah lumayan lah .mengapa teknologi yg canggih kita belum bisa? Otak otak terbaik kita banyak yg hidup di LN. Tak mau kembali lagi. Mereka jenius jenius yg tak menemukan lahan yg cocok buat hidupnya. Sisa yg ada cuma ahli "nyedot" duit negara saja. Teman SMA jenius semua bisa Kimia.Fisika.Matematika. Biologi. Dll apapun mata pelajaran pasti 9 atau 10. Akhirnya hidup di LN. Sayang sekali otak brilian pada kabur. Huawei sampai mengundang talenta terbaik dunia bekerja di Huawei Gaji Ber karung karung duit. Asal mau saja kerja di Huawei. Ahli matematika jadi Primadoma di Huawei, ahli Fisika , kimia dll nomor dua tapi tetap di gaji tinggi. Karena untuk mewujudkan mimpi para jenius perlu menciptakan persamaan atau Rumus Matematikanya. Di kita para pejabat ahli matematika kalau Anggaran 25 trilyun bisa di "comot" 8 triliun. Seperti Prof John pasien Kejaksaan.

Agus Suryono

MUDIK LEBARAN TAHUN 2027.. Dua orang pasangan, "A dan B", mudik dari Jakarta ke Surabaya, naik mobil berdua. Keduanya sengaja tidak lewat tol TransJawa, tapi melewati Pantura. Sambil merawat cinta. "Ma, ini kita kayaknya masuk kota Indramayu. Betul..? "Bentar. Saya cek di Google Map.. "Iya.. "Ternyata bukan Indramayu. Kita baru sampai Kota Al Zaytun.. "Memang ada ya kota Al Zaytun di Jawa..? "Sebentar pa. Ini ku lagi sambil buka Wikipedia.. #Ternyata menurut "wikipedia" tahun 2025, nama kota Indramayu diubah menjadi kota Al Zaytun.. Tapi ingat, SEKARANG baru tahun 2023..!!

thamrindahlan

Abah menjawab pertanyaan kemarin yang bertanda kutip. Ini tulisan murni jurnalis tidak ada tedensi membela Al Zaytun. Abah menambehkan informasi sosok Bapak Pandji. Puasa 22 jam dan panfai berbahasa ibrani & mandarin. Ya sudah kalau masih sempat Abah wawancara santriawan santriwati. Apakah mereka berperan menjadi subjek atawa objek. Terima kasih Harimau Sumatera terjerat perangkap/ Perangkap dipasang penangkap rusa/ Salam sejahtera sebagai pelengkap/ Salam Merdeka Al Zaytun menggelora/

imau compo

Jadi ingat candaan teman adik, berandai-andai kalau dia punya perusahaan yg lagi menanjak. "Ekspansi ke ujung sampai seujung-ujungnya, " katanya. Artinya pilihannya bukan pada diversifikasi. Memang dia bukan seorang akademisi di bidang ini bukan pula profesional yg berpengalaman tapi alasan dia masuk akal, diversifikasi membutuhkan "daya" yg lebih besar. OK. Anggap pernyataannya benar (perusuh tidak ada batasan komentar, kadang hanya masalah air panas yg lagi mati saja, pikiran jadi butek). Al Zaytun, memulai pertanian utk konsumsi internal. Teruskan saja...kita masih impor pangan yg sangat besar. Konsumennya 270 juta jiwa, captive. Bahkan negara bikin food estate utk memenuhinya. Tanah yg tidak sesuai utk padi dan sayur? Tanam buah, katakanlah mangga. Kita impor buah sebesar 60%. Tanah tidak cocok utk buah, hanya utk hutan jati atau hutan lainnya? Mari jadikan utk penggemukan sapi dan kerbau. Impor daging dari Australia masih sangat besar. Membuat galangan kapal di Indramayu bukanlah pilihan yg feasible. Galangan kapal di Batam pun tidak mulus juga. Padahal, Batam punya pasar yg lebih besar baik utk produksi baru maupun maintenance. Di sana jaringannya berkumpul, salah satu pendukung bisnis.

Jimmy Marta

'Kelakuan' para sultan. Proyek Clock Of The Long Now, Jeff Bezos menghabiskan uang pribadinya 800 T. Dibuat dalam sebuah gunung, jam raksasa ini di rancang untuk tetap bekerja sampai 10.000 tahun mendatang. Ada yg mau untuk sekali kerja langsung jadi jutawan..?. Jadilah tukang cukurnya Hassanal Bolkiah. Sang Sultan sungguh pemurah. Karena untuk sekali nyukur, beliau akan membayar 19.000 poundsterling. Senilai 355,6 jt. Seharga satu Innova. Anda tahu biaya operasional rumah yg seharga satu istana?. Itulah rumah tinggal tuan Ambani di Mumbai. Yg setiap bulan tagihan listriknya 1,8 M rupiah.

Yellow Bean

Kurnia Meiga. Mantan kiper Timnas. Proud of you. Semoga lekas pulih dan bisa beraktifitas normal kembali Aamiin Tidak bisa menahan air mata . 

imau compo

Siapa yg beli produk galangan kapal Al Zaytoun ini? Internal? Seberapa banyak kebutuhan internal Al Zaytun? Mari kita bandingkan dengan dua kebijakan pembuat keputusan di dua negara ini. BBI, Bharata dan BBI direvitalisasi Habibie dalam bentuk sumber daya manusia dan permesinan dengan jaminan order Proyek Paiton 1 & 2. Disamping itu masih ada lagi proyek-proyek Paiton dan PLN lainnya. Dengan pengalaman dan kompetensi dr proyek-proyek tersebut Habibie berharap perusahaan-perusahaan tadi dapat melebarkan pasarnya pada industri infrastruktur minyak bumi domestik dan pasar internasional. Habibie selalu memperkenalkan industri-industri ini ke jaringan internasionalnya. Cukup? Tanya saja atau googling sendiri. Dr. M membangun Proton dan Produa dengan insentif pembelian produk ini yg sangat menggoda. Tidak cukup sampai di situ, Dr. M membuat tol dari selatan negara itu sampai ke utara utk penduduk mengembara dan menjalankan mobilnya. Salah satu tipe mobilnya malah dinamai kembara. Pak Cik Che Samin bilang, masyarakat ,masa itu, dapatkan kue meskipun kelurga Dr M juga jadi kaya raya. Masyarakat Malaysia betul-betul euforia dengan mobil nasional ini. Hampir setiap keluarga punya mobil. Sayang, kalau Al Zaytun menyia-nyiakan sumber daya yg dimiliki

Liam Then

Sudah saya nonton. Saya sangat cemas karenanya ,hahahaha. Berdasarkan data di Tiongkok banyak anak tunggal laki-laki tak berjodoh. Saya sibuk memikirkan bujangan Tionghoa Singkawang, dulu bersaing dengan bujang Taiwan. Sekarang dengan Tiongkok. Hahaha

Warung Faiz

Selain"Yenny di China"jg ada"Shanty di China",sama2 memperkenalkan masakan Indonesia di China,penontonnya war biasa memang...

Jokosp Sp

Tadinya sambil cari buat belajar bahasa China, eh malah ditemukan dengan yang ini. Koh Liam dan Abah harus lihat di you tube nya. Ada kisah inpiratif, satu peranakan dari Pontianak yang sangat sukses di China dengan model: memperkenalkan jualan masakan Indonesia. Data dari you tube sangat luar biasa: uploads 288 - subscribers 29.000 - video news 8,476.464 - created per May 28 Th 2023 - subscriber for the last 30 Days 254.000 - income 40,249,528/ bulan. Jika income dikalikan 12 bulan maka dapat 482,994,336 juta/ tahun. Ini sangat luar biasa, belum dari nilai keuntungan jualannya. Masakan-masakan Indonesia ternyata sangat-sangat digemari di China, ada: Nasi Goreng yang memang sudah terkenal, Rendang Daging dan Ayam, Sop Ayam, sampai jajanan gorengan dari Pisang Goreng, Bakwan Sayur/ jagung Goreng dll. Anak ini akhirnya kawin dengan cowok China sana setelah perkenalannya di Bali. Cek di "YENNY DI CHINA" di Youe Tubenya, warbiasyah keren. 

Riyono, SKP

Berbahasa Ibrani , nyanyi lagu tradisional Israel,ber-SyalomAlayhim dicurigai antek Yahudi. Berbahasa Mandarin dianggap pro Aseng. Beragama 'dari' Arab dikatain Kadrun. Berbahasa Inggris dicap Pro Barat. Apakah setiap yang mengembik langsung kita namai kambing? Bukankah kalau mau 'menguasai'/mengalahkan suatu bangsa kita harus kuasai budayanya dulu. Dan bahasa adalah kuncinya.

Riyono, SKP

Konon kabarnya Puasa 18 jam saja sel kanker mati. Syeh Ma'had Al-Zaytun punya maksud apa ya dengan berpuasa 22 jam?Sudah tiga tahun lagi.Dahsyat. Mudah-mudahan santri-santri dan eksponen pondoknya ikut kecipratan berkahnya.

Riyono, SKP

Selain puasa wajib Ramadhan,puasa Senin Kamis,Puasa Ayyamul Bidh(puasa tiga hari di tengah bulan Hijriyah)Puasa Daud(selang seling,sehari puasa sehari buka), ada beberapa puasa yang kadang dilakukan para santri di pesantren salaf . Seperti puasa pantang nasi,puasa pantang makanan dari yang bernyawa (vegetarian). Ada lagi puasa setahun penuh.Kadang sampai tiga tahun sambil membaca wirid tertentu. Seperti Sholawat Dalailul Khayrat. Yang lebih ekstrim lagi yang dilakukan Kyai Pengasuh Pesantren nya.Beberapa Kyai zaman dulu ada yang puasa sepanjang tahun kecuali hari yang diharamkan. Sebagian besar diniatkan untuk Masani/'mem-puasai' santrinya agar barokah. Supaya Pesantrennya bermanfaat secara luas.Untuk sekitar, untuk ummat,untuk bangsa dan dunia secara umum. Puasa yang dilakukan Syeh Ma'had Al-Zaytun ini sudah seperti Kyai Khos jaman dulu. Anti mainstream level ekstrim. Disaat yang lain mengkonsumsi nutrisi yang bergizi karena takut virus di saat pandemi. Tak jarang ditambah suplemen.Sampai rela di vaksin untuk mencegah kena wabah Eh, Syeh Panji Gumilang malah berpuasa ekstrim. Tidak perlu mencari dalilnya . Toh beliau mensyari'atkan untuk dirinya sendiri. Tidak sedang berfatwa. Tidak membuat syariat baru untuk awam . Semoga manfaat, barokah.

Riyono, SKP

Badan kasar/jasad mendapatkan tenaga dari makanan. Badan halus/ ruh , Sukma, nyawa, Atma, badan astral, entah dengan apa kita menyebutnya.Karena memang berlapis-lapis. Mendapatkan energi dari 'laku', diantaranya puasa. Secara nalar , wajar badan yang 'berunsur' tanah membutuhkan tenaga dari tanah, berupa makanan yang sebagian besar dari tanaman yang tumbuh di tanah. Sedangkan badan halus mendapatkan energi dari sesuatu non tanah.Antimateri. Bisa kita ambil contoh 'tenaga dalam' para praktisi beladiri yang mendapatkan tenaga dari pemampatan nafas.Bukan sekedar berbadan sehat dari nutrisi yang bergizi. Bagaimana ruh kita akan lepas dari jasad dengan sadar. Bukan dengan cara dipaksa , lewat kematian misalnya Kalau kita masih  dengan sesuatu yang berasal dari tanah. Semoga apa yang dilakukan Syeh Ma'had Al-Zaytun dengan ber'tapabrata' , itulah energi untuk 'kulakan' ide di alam ruh untuk diaplikasikan ke program-program di pesantrennya. Yang kalau menurut Pak Agus Suryono nantinya akan mengubah Indramayu menjadi Kota Zaytun. Semoga lebih dari itu .Semacam Alas Glagah Wangi cikal bakal Kerajaan Demak Bintoro. Atau Jakarta yang bermula dari Pelabuhan Sunda Kelapa. SYALOM. MERDEKA! 

Samsul Arifin

Kapan Indonesia akan menjadi negara Maju. Menurut Presiden tidak sampai seperempat Abad lagu Indonesia akan menjadi negara Maju. Namun sambungannya harus ada pemimpin yang berani dan mengambil sikap untuk kemajuan negara ini itu kurang di salah satu pertemuan dengan para pendukungnya. Belajar Ke China merupakan langkah bagus untuk Indonesia agar akselerasi menuju negara Maju segera tercapai. Salam Damai Dari IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo Jawa Timur.. 

Suardi Mengikat Hikmah

Saya begitu menikmati setiap deskripsi dan narasi Abah yang dibangun dalam tulisan ini. Tapi entah mengapa semakin ke ujung semakin membuat pikiran saya menerawang dan berkecamuk. Bermetamorfosis menjadi anak panah yang melesat kemana-mana. Semoga tulisan Abah selanjutnya bisa memandu kearah target dan sasaran semestinya..

Liam Then

Saya bukan tipikal orang hobi berkontes, saya ikutkan kontes di Amerika, karena saya ingin cari nama, disana, mau jualan cupang ke Amerika, Malaysia dan Singapura. Mau masuk ke segment dengan cepat, satu-satunya cara adalah ikut kontes. Jadi mau tak mau saya korban sekitar 3-4 juta rupiah, dari nilai ikan dan biaya kirim ikut kontes. Hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan jadi kisah unik, saya dikabari selepas kontes , ikan juara saya yang dilelang jadi rebutan orang Swiss dan Kanada. Yang jantan dimenangkan oleh orang Kanada. Betina oleh orang Swiss. Setelah lelang usai, orang Kanada ini nyamperin orang Swiss, mungkin karena kepikiran, ikan betinanya dibujuk supaya dijual ke dia dengan harga lebih tinggi lagi dari harga lelang. Setelah kontes. Order-order berdatangan. Saya dapat satu bahan untuk menyombongkan diri kesesama penggemar ikan cupang. Saya tunjukan foto pita kemenangan saya yang berderet -deret, puas rasanya, tiap kali melihat reaksi yang ada. Wkwkkwkwkw. Padahal saya tahu dalam hati, cuma memanfaatkan celah yang semua orang bisa lakukan. Kegiatan ini tidak saya lakukan lagi sekarang ,karena saya punya kelemahan pribadi. Tidak konsisten. Semua diatas tidak mungkin terjadi kalo saya tidak bisa bahasa asing. Ini baru skala kecil,contoh penguasaan bahasa asing, bisa membuka kesempatan ,jika digunakan dengan baik dan benar. Saya sudah buktikan, walaupun kecil-kecilan. Maka dari itu, bisa bahasa asing, terutama Inggris, tidak bisa rugi. Pasti untung!

Liam Then

Bolehlah anak-anak kita didorong untuk belajar bahasa asing ,ini sangat bermanfaat. Saya sudah buktikan sendiri. Ini pengalaman unik saya. "Kamu di USA sana ada kontes ikan cupang tidak? "Ada" "Kamu mau gak saya kirimkan ikan, kamu daftarkan kontes atas nama saya, dari Indonesia, biaya kirim dari Indonesia ke Amerika semua saya tanggung, cuma biaya handling $40-an di Amerika mohon kamu yang bayar, ikan yang saya kirim kan grade kontes @ 30-40 $, ini nanti selepas kontes buat kamu semua" "Kamu mau kirim berapa ekor" "5-6 ekorlah, biaya kirim cukup mahal, saya mampunya cuma segitu" Masa itu, dari Kalbar harus kirim ke Jakarta dulu, habis itu ditampung orang yang punya ijin ekspor ikan hias. Setiap bulan ada pengiriman terjadwal, pengiriman individual dari Indonesia ke Amerika. biayanya dulu $5 / ikan. Si Amerika yang penghobi dan termasuk pengurus asosiasi cupang ini, setuju. Ikanpun saya kirim , pertama 6 ekor ,yang juara 4 ekor, wkwkkwkw. Kedua kali kirim saya kirim 10 ekor, menang lagi kwkwkwkw, malah lebih dashyaat satu ekor jadi grand champion, 2 atau tiga ekor ( saya lupa) jadi juara kelas. Pokoknya 8 ekor dari sepuluh yang saya kirim turun juara semua. Ini bukan karena ikan saya bagus sekali, tapi karena sistem kompetisi di Indonesia yang sudah parah ketatnya, sehingga standar disini sangat tinggi. Saya juga karena bisa bahasa inggris dikit ,sudah baca standar-standar kontes ikan cupang internasional langsung dari sumber. Jadi sudah tahu harus kirim apa.

Leong Putu

Waaaaaah bahaya iki... Kalau camp "Perusuh 2" diadakan di sini, di dalam hutan. Ularnya pasti besar -besar, belum lagi Harimau. Longsor. Dan yang jelas, pasti ada kuntilanak dan genderuwonya. .... Sereeeeeem.... sereeeeem...

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda