Kartini Menguras Air Mata Penonton di Wellington

COWASJP.COMKEDUTAAN Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington, Selandia Baru punya cara sendiri untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-72. Yakni dengan menggelar berbagai event untuk makin mengenalkan Indonesia di kalangan warga Selandia Baru.

Yang pertama adalah Indonesia Film Weekend yang berlangsung 11-13 Agustus di Reading Cinema, Wellington. Dengan menggandeng Cinema XXI dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), KBRI memboyong tiga film Indonesia untuk event itu.
Yang pertama adalah Kartini yang diputar Jumat (11/8). Yang kedua adalah Rudy Habibie yang ditayangkan Sabtu (12/8). Sedangkan Cek Toko Sebelah menjadi film terakhir pada Indonesia Film Weekend.

Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, masyarakat Indonesia di Selandia Baru sudah lama kangen dengan film-film asal Tanah Air. “Setelah mendengarkan masukan dari mereka,  dipilihlah tiga film yang dianggap mampu mewakili wajah Indonesia saat ini,” ujar Tantowi melalui siaran pers KBRI Selandia Baru.

FILM5UTnG.jpg

Tantowi menambahkan, mengatakan,  film merupakan medium yang tepat untuk memperkenalkan Indonesia ke khalayak Selandia Baru. “Itulah sebabnya kedutaan menyewa satu bioskop untuk menayangkan film Indonesia,” ujar 

Ternyata warga RI di Selandia Baru ataupun penduduk lokal sangat antusias merespons Indonesia Film Weekend. Bioskop dengan kapasitas 123 di Reading Cinema pun tempat duduk pun fully booked karena seluruh karcis sudah dipesan WNI ataupun warga Selandia Baru.

Film Kartini besutan Hanung Bramantyo pun mampu memukau penonton. Menurut Tantowi, banyak penonton yang terharu menyimak kisah Kartini dalam film drama berlatar sejarah itu.

FILM2YfBUt.jpg

“Yang lebih membanggakan lagi, Kartini ternyata menarik minat banyak penonton dari masyarakat lokal,” ujar duta besar yang juga dikenal sebagai penyanyi country ternama itu.

Bahkan, Tantowi mengaku melihat banyak penonton  termasuk bule yang meneteskan air mata saat menonton Kartini. “Ini menandakan film tersebut mampu menyentuh hati penontonnya dan ini menjadi kebanggaan tersendiri pada karya kreatif anak bangsa,” tegasnya. 
KBRI Selandia Baru pun serius mengemas event itu. Banyak WNI yang berkebaya untuk hadir menyaksikan Kartini pada hari pertama Indonesia Film Weekend.

Yang lebih istimewa, ada iringan gamelan Padhang Moncar. “Seluruh pemain gamelannya adalah warga Selandia Baru,” sambung Tantowi.

Selain Indonesia Film Weekend, KBRI Selandia Baru juga akan menggelar Indonesia Culinary Week pada 10-20 Agustus dan  Indonesia Day pada 19-20 Agustus.  “Dan pada 17 Agustus nanti akan ada upacara detik-detik proklamasi,” sebut Tantowi. (*/erwan widyarto)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda