OASE PTKI I se-Indonesia 2021 Tergelar di Aceh

OASE PTKI Pertama se Indonesia dibuka di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) I (pertama) se-Indonesia Tahun 2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, resmi dibuka di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh pada Kamis (18/11/2021). 

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan penabuhan rapai oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof Dr Suyitno M Ag, didampingi oleh Kepala Dinas Syariat Islam Prov. Aceh Dr EMK Alidar M Hum, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Warul Walidin AK MA, dan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Dr Saifullah Idris M Ag. 

Sebelum menabuhkan rapai, dalam sambutannya Prof Suyitno mengatakan bahwa Aceh tidak hanya dijuluki sebagai Serambi Mekkah, tapi juga sebagai Serambi Ilmu Pengetahuan. Atas dasar inilah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dipilih sebagai tuan rumah OASE PTKI yang pertama. 

“OASE PTKI pertama ini harus dimulai dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, karena Aceh adalah tempat yang melahirkan para ulama-ulama besar dengan segala kecendekiawanannya. Siapa yang tidak mengenal Syekh Naruddin Ar-Raniri, Syekh Abdurrauf As-Singkili, Hamzah Fansuri, dan banyak Ulama besar lainnya. Maka, dengan pelaksanaan OASE perdana ini di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Insya Allah nantinya, Aceh akan kembali menjadi kiblat ilmu pengetahuan untuk Indonesia dan dunia”, ujarnya.

Suyitno menambahkan, hadirnya OASE PTKI ini, sebagai sarana strategis tradisi riset dan kajian keilmuan berbasis keagamaan demi kejayaan Islam. "Dan, kita patut bersyukur kepada Allah SWT, di masa pandemi ini kita masih bisa melaksanakan kegiatan ini. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kita tidak boleh lengah dengan pandemi yang seperti ini, " kata Suyitno. 

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Warul Walidin mengatakan dalam sambutannya, pelaksanaan kegiatan OASE PTKI I se-Indonesia Tahun 2021, dapat menyediakan ajang kompetisi dalam bidang agama, sains, dan riset bagi mahasiswa PTKI secara nasional. Kompetisi ini juga sebagai upaya integrasi dalam menumbuh kembangkan motivasi belajar, kreativitas, dan daya saing mahasiswa untuk berprestasi. Semangat kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. 

"Di sisi lain, pelaksanaan OASE PTKI I ini sebagai upaya mendongkrak motivasi mahasiswa di bidang intelektual dan spiritual berdasarkan nilai keislaman yang diwujudkan dalam kemampuan analisis, nalar dan kemampuan menyelesaikan masalah. Serta, meningkatkan daya kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis agama," tutur Rektor UIN Ar-Raniry. 

FINAL 25-28 NOVEMBER

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, M. Sidik Sisdiyanto, mengatakan persiapan kegiatan OASE PTKI telah dilakukan selama tiga bulan. Diikuti sebanyak 2.955 peserta dari total 184 PTKIN dan PTKIS se-Indonesia. Terdapat 23 cabang lomba yang digelar pada OASE pertama ini. 

oase-aceh.jpg

Bidang sains diikuti oleh 466 peserta. 
Karya Inovasi diikuti sebanyak 957 peserta. 
Debat ilmiah diikuti oleh 205 tim.
Business Plan diikuti oleh 92 tim.
Qiraatul Qutub putra diikuti 105 peserta dan 98 peserta putri. 
Fahmil Al-Quran diikuti 117 tim. 
Story Telling diikuti 99 peserta.
Dai Mahasiswa putra diikuti 118 peserta. 
Dai Mahasiswa putri diikuti 113 peserta. 

Peserta yang lolos dari babak penyisihan, telah mengikuti babak semifinal pada 6-13 November lalu. Jadwal final untuk semua cabang lomba, akan dilaksanakan pada 25-28 November 2021 yang dipusatkan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 

Babak final digelar secara hybrid  daring dan luring. Sistem daring dilaksanakan melalui meeting zoom dan sistem CBT. Sedangkan sistem luring, khusus dilaksanakan bagi finalis dari 11 cabang Lomba Karya Inovasi.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda