Munas JATMAN Momentum Kebangkitan Bengkulu

Munas JATMAN digelar di Balai Raya Kota Bengkulu, Minggu 13/3/2022.(FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Jami’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) sering disebut Munas Kubro telah digelar di Balai Raya Kota Bengkulu, Minggu (13/03) sore.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rois Am KH. Ali Masadi dan Menkopolhukam Mohammad Mahfud MD secara langsung serta Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin melalui daring.

KH Abdul Muntaqim, selaku Rois Idaroh Wustho Bengkulu, dalam sambutannya menyampaikan rasa sukacita yang mendalam, karena harapannya untuk menghadirkan ulama-ulama se-Indonesia di Provinsi Bengkulu bisa terealisasikan pada 13 Maret itu.

“Masjid di Provinsi Bengkulu banyak, tapi isinya kosong. Akhirnya saya punya cita-cita,m supaya Provinsi Bengkulu dijauhkan dari kemadharatan, kami mendatangkan ulama-ulama thariqah di Provinsi Bengkulu. Agar dijauhkan dari malapetaka dan Provinsi Bengkulu menjadi provinsi yang barakah, Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur.” ujar Kiai Muntaqim.

Menurutnya, selama ini tidak banyak pejabat di Bengkulu yang mengenal thariqah. Padahal, thariqah adalah basis awal pendirian negara Indonesia. Untuk itulah, terselenggaranya kegiatan ini sekaligus memperkenalkan thariqah kepada masyarakat Bengkulu, khususnya kepada pejabat daerah sendiri.

jatman1.jpg

 “Andaikata tidak ada thariqah, Indonesia ini tidak akan wujud, dan Pancasila juga tidak akan wujud. Sila pertama, Ke-Tuhan-an Yang Maha Esa. Apa itu? Amalan ahlit thariqah, Laa Ilaaha Illallah Muhammadur Rasulullah.” Ungkapnya.

Maka, atas dasar tersebut, ia berharap agar TNI dan Polri bersama Jam’iyyah Thariqah saling berbagi tugas dengan menjaga keamanan dan keimanan untuk memberikan keseimbangan di negara dan dunia.

Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu, Dr. H. Rosjonsyah, S.I.P, M.Si., mengucapkan terima kasih kepada JATMAN. Karena dengan berlangsungnya kegiatan Munas JATMAN tersebut, bisa mengangkat nama Provinsi Bengkulu di kancah nasional. Sekaligus dapat meningkatkan sektor pariwisata di berbagai bidang.

“Tujuan saya kemari ini juga untuk menyambut jamaah-jamaah thariqah yang di luar Provinsi Bengkulu, dari Papua, Aceh, Lampung, NTB dan seluruh Indonesia. Sebelum pulang, silakan menikmati wisata-wisata yang ada di Bengkulu dan tempat kuliner, juga oleh-oleh khas Bengkulu,” pungkasnya.

Adapun rangkaian acara Pembukaan Munas JATMAN Bengkulu diawali dengan penampilan tim hadrah. Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan dari beberapa tokoh, dan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin serta ditutup doa oleh KH. Mahron Yasin. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.

Dalam acara tersebut, hadir pula beberapa pejabat TNI, Polri serta pejabat daerah dan pejabat nasional lainnya.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda