Mobil Bekas, Jangan Kecewa Ada Harga Ada Rupa

FOTO: mobilman.id

COWASJP.COM – "Ada harga, ada rupa," bunyi slogan jual-beli barang. Termasuk jual-beli mobil bekas. Artinya, harga tinggi, kondisi mobil bagus. Begitu pun sebaliknya.

Problem muncul, rata-rata pembeli mobil bekas mencari mobil harga rendah, tapi kondisi mobil bagus. Sebaliknya, penjual mobil bekas berusaha menjual mobil dengan harga setinggi-tingginya, untuk kondisi mobil apa adanya. Maka, sulit ketemu. Sulit deal.

Kalau pun terjadi deal, ujung-ujungnya pembeli kecewa. Setelah mobil dipakai beberapa hari, barulah ketahuan aneka kelemahan mobil bekas itu. Lalu dipikir-pikir, harga kemarin terlalu mahal untuk kondisi mobil yang sebenarnya.

Lantas, solusinya bagaimana? Ada banyak. 

Antara lain, jual mobil bekas bergaransi. Otomatis, harganya melejit tinggi. Tinggi dalam arti, lebih tinggi dibanding harga mobil sejenis yang sama-persis. Karena pada harga tersebut, ada beban semacam asuransi. Garansi, uang kembali.

Itu pun untuk mobil buatan tahun, antara lima sampai maksimal sepuluh tahun lalu. Sedangkan, untuk mobil lima tahun ke bawah, 'kan jarang rusak.

Itu pun penerapannya potensial konflik. Seumpama, pembelinya nakal. Misal, pembeli mengubah ini-itu, dengan maksud untuk dikembalikan, karena ada garansi. Atau, mendadak kebanjiran lalu dibersihkan sedemikian rupa, sehingga tidak ketahuan saat dikembalikan ke penjual. Atau tabrakan, lalu diperbaiki. Lalu dikembalikan.

Penjual bisa kecewa. Kalau toh, penjual bersikap keras, padahal kondisi mobil kemudian diketahui memang bermasalah, sehingga dianggap harga terlalu tinggi dibanding kondisi, alhasil pembeli kecewa.

mobilman2.jpgFOTO: mobilman.id.

Sulit mencapai fairness.

Solusi paling aman, adalah calon pembeli mengetahui harga pasaran untuk mobil yang diincar. Harga mobil bekas, relatif. Tapi pasti ada kisarannya. Plus-minus kondisinya.

Mengetahui harga pasaran, bisa melalui markeplace jual-beli mobil bekas online. Diurut satu-per-satu. Calon pembeli harus sabar. Juga rajin mentengi harga-harga di marketplace setiap hari. Karena harga berubah sewaktu-waktu.

Lahirlah banyak marketplace jual-beli mobil bekas online. Ada OLX.co.id, Carsome.id, Carro.id, Mobilman.id, Moladin.com, beberapa lagi.

Yang menarik, Mobilman.id. Menyediakan fitur "cariin mobil", yang dengan sekali klik untuk mobil yang ditarget, sudah langsung keluar harganya. Jumlah pilihan banyak. Semuanya mobil dijual. Di berbagai kota di Indonesia. Dan, selalu update tiap hari, tiap jam. 

CEO Mobilman.id Danang Wikanto, seperti dimuat di Kompas.com bertajuk: Dari Youtuber Jadi Startup, Mobilman.id Mudahkan Jual Beli Mobil Klasik, ternyata Mobilman menggunakan mesin Artificial Intelligence (AI). Demi service kepada calon pembeli. Otomatis, juga menguntungkan penjual.

Mobilman, perusahaan startup yang lahir di masa pandemi Corona. Jadi, sekarang pengiklan masih gratis. Tapi web, aplikasi Android dan iOS, sudah menggunakan teknologi canggih AI. Suatu terobosan bisnis.

Kalau calon pembeli paham harga pasaran untuk merek yang ditarget, maka problem 'sulit deal' di jual-beli mobil bekas, langsung teratasi. Calon pembeli akan langsung menyasar ke iklan jual-beli online, pada target yang tepat.

Akhirnya, kalau sudah deal, penjual dan pembeli sama-sama happy. (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda