Mobil Seken Geser

Sienta, Kagak Pake Lama

Toyota Sienta (Foto: PT Toyota Astra Motor)

COWASJP.COM – Mobil jenis multi-purpose vehicle (MPV) dengan pintu geser (sliding door) sangat diminati di Indonesia. Karena tampilannya yang elegan dan kemudahan akses masuk keluar kabin. 

Ada beragam pilihan mobil MPV pintu geser di Indonesia, salah satunya adalah Toyota Sienta yang pertama kali diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor pada tahun 2016.

Toyota Sienta menarik perhatian konsumen di Indonesia karena desainnya yang unik dan fitur sliding door. 

Selain itu, harganya cukup kompetitif karena menjadi mobil Toyota Sienta pertama yang dirakit di luar Jepang dengan status Completely Knock Down (CKD). 

Pada tahun 2019, Toyota Sienta juga mengalami penyegaran pada bagian eksterior dan interior.

Tapi, penjualan Toyota Sienta awalnya kurang baik. Pada tiga bulan pertama tahun 2022, distribusi Toyota Sienta hanya berjumlah 17 unit, turun signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat mencapai 123 unit. Tapi  di semester ke dua 2022 penjualan naik hampir dua kali lipat.

Harga Toyota Sienta seken bagus, paling murah dan update, segini:

Meski begitu, PT Toyota Astra Motor masih memasarkan Toyota Sienta hingga saat ini dengan tiga varian: Sienta Welcab, Sienta Q Type, dan Sienta V Type.

Toyota Sienta memiliki desain yang unik, transmisi CVT, kabin depan dan tengah yang lapang, dan mesin yang andal. Desainnya yang sedikit membulat membuatnya menarik dan lebih menonjol dibanding mobil lain sekelasnya. 

Semua varian Toyota Sienta dilengkapi dengan sistem transmisi CVT yang halus pada setiap perpindahan giginya dan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Kabin Toyota Sienta dapat memuat tujuh penumpang dan barang bawaan yang cukup luas, sehingga cocok untuk keluarga dengan satu hingga tiga anak. 

Dapur pacunya mengandalkan mesin 2NR-FE yang andal dan cukup irit.

Tentu semua mobil ada kelemahannya. Termasuk Sienta. Berikut kelemahannya:

Kualitas Material Interior Plastik 

Meskipun memiliki desain yang elegan dengan pintu geser otomatis, namun beberapa konsumen merasa kurang puas dengan kualitas material interior Toyota Sienta yang banyak menggunakan material plastik murah. Sayangnya, material plastik tersebut mendominasi hampir seluruh bagian interior mobil ini.

Radius Putar Setir Kurang Optimal

Ukuran dimensi Toyota Sienta tidak terlalu besar atau panjang sehingga banyak yang menganggap mobil ini memiliki kemampuan manuver yang baik. Namun kenyataannya, radius putar setirnya kurang optimal sehingga cukup merepotkan pengemudi saat berbelok di jalan sempit atau saat melakukan putar balik.

Ruang Kaki Baris Ketiga Sempit

Toyota Sienta menawarkan konfigurasi tujuh penumpang dengan dua orang di depan, tiga orang di tengah, dan dua orang di belakang. Namun, ruang kaki di baris ketiga sangat sempit terutama bagi orang dewasa sehingga kurang nyaman saat berkendara.

Tarikan Awal Mesin, Berat

Saat ini Toyota Sienta sudah dilengkapi dengan sistem transmisi CVT yang memiliki kelebihan namun juga kekurangan. Salah satu kekurangan yang dialami adalah tarikan awal mesin yang terasa berat dan kurang responsif.

Jangka Waktu Inden

Toyota Sienta baru kini termasuk dalam kategori Spot Order, sehingga mobil baru akan diproduksi ketika ada pemesanan. Konsumen harus memesan dan menunggu minimal 3 bulan sebelum mobil yang dipesan diproduksi. 

Waktu inden yang lama. Rata-rata konsumen ingin kagak pake lama. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda