Mobil Seken Keren

Vios Bukan Taksi, Brow...

Cewek cantik nyetir Vios (Foto: PT Toyota Astra Motor)

COWASJP.COM – Jika Anda sedang mencari tipe Toyota Vios yang paling cocok untuk Anda, ada baiknya untuk membandingkan dahulu kelebihan dan kekurangan Toyota Vios pada setiap generasinya berikut ini.

Tunggu dulu, harga Toyota Vios seken yang bagus, ada ratusan dan selalu update di sini: Toyota Vios Seken

Jenis mobil sedan ini telah diproduksi Toyota sebagai regenerasi dari Toyota Soluna dan memiliki berbagai model untuk pasar, seperti model J standar, model E Sporty, dan model G yang memiliki penampilan elegan dengan fitur digital. Namun, untuk pasar Indonesia Toyota hanya menghadirkan model E dengan transmisi manual dan model G dengan transmisi manual dan otomatis.

Mobil Toyota Vios banyak dijual di pasar jual beli mobil bekas. Modelnya yang modern, seringkali dijadikan sebagai modifikasi oleh kalangan muda. 

Sejak kehadirannya di Indonesia, Toyota Vios telah mengalami beberapa kali facelift. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan Toyota Vios pada setiap generasinya berikut ini.

Toyota Vios Generasi Pertama

Sebagai penantang Honda City, Toyota Vios generasi pertama hadir di Tanah Air pada tahun 2003 dengan desain yang modern, dilengkapi dengan headlamp opal segaris dengan grill yang dibalut dengan chrome. Pada bagian bumper, Toyota Vios generasi pertama dibekali dengan fog lamp dan bumper.

Dari sisi interior, Toyota Vios Gen 1 dilengkapi dengan kabin yang nyaman dan lega, meskipun fiturnya masih minim. Dashboard dilengkapi setir dengan speedometer terpasang di tengah. Bagian jok mampu menampung 5 orang dengan kualitas biasa tetapi dapat dimodifikasi dengan melapisinya dengan jok kulit agar lebih nyaman.

Dari sisi mesin, Toyota Vios generasi pertama memiliki model mesin 1NZ-FE dengan kapasitas 1.497 cc yang menghasilkan tenaga 107 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.2000 rpm. 

Toyota Vios dibekali dengan suspensi yang mumpuni. Pada bagian depan ditopang oleh suspensi berjenis Macpherson strut independent sedangkan bagian belakang ditopang suspensi poros kaku plus ETA beam bersama stabilizer. 

Berkat suspensi tersebut, mobil tetap melaju nyaman meskipun melewati jalanan yang tidak rata.

Harga bekas Toyota Vios generasi pertama tahun 2003 berkisar mulai dari Rp 70 jutaan. Sementara untuk Anda yang mengincar mobil Toyota Vios Limo, mobil tersebut dijual mulai dari Rp 35 juta hingga Rp 60 jutaan tergantung pada kondisi.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Toyota Vios Gen 1:

Kelebihan Toyota Vios Gen 1:

Desain eksterior kesukaan anak muda
Harga bekasnya terjangkau
Mesin responsif
Biaya perawatan murah
Sparepart murah dan mudah
Konsumsi BBM irit
Banyak modifikasi

Kekurangan Toyota Vios Gen1

Fitur dashboard tidak banyak
Kurang fitur keselamatan

Toyota Vios Generasi Kedua

Toyota Vios Generasi Kedua diluncurkan 2007 dan diproduksi hingga tahun 2013. Perbedaan antara Toyota Vios Gen 2 dan Gen 1 terletak pada perubahan desain eksterior. 

Generasi kedua dilengkapi dengan headlamp yang lebih ramping dan grille yang menyatu, serta dilengkapi dengan foglamp dan body kit elegan pada bagian bumper. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu depan HID dengan auto leveling yang dapat bergerak secara vertikal.

Selain itu, Toyota Vios Generasi Kedua memiliki dimensi yang lebih panjang dari generasi sebelumnya. Meskipun speedometer masih ditempatkan di bagian tengah, interior mobil terasa lebih luas karena bodi lebih panjang sekitar 20 mm dan lebih tinggi sekitar 25 mm. 

Terdapat panel instrumen optitron dengan 4 tingkat pengangguran yang sederhana, termasuk pemutar musik CD, AUX, dan USB.

Toyota Vios Generasi Kedua menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan mesin 1.5 L 1NZ-FE yang dapat menghasilkan tenaga hingga 107 hp dan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Harga Toyota Vios Generasi Kedua bekas dijual mulai dari Rp 90 jutaan untuk mobil tahun 2007 dan Rp 130 jutaan untuk mobil tahun 2013.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Vios Gen 2:

Kelebihan Toyota Vios Gen 2:

Desain eksterior yang elegan
Interior yang cukup nyaman
Mesin yang responsif
Konsumsi bahan bakar yang irit
Mudah mencari suku cadang
Biaya perawatan yang murah

Kekurangan Toyota Vios Gen 2:

Limbung ketika bermanuver tajam
Suara mesin agak kasar pada putaran tinggi
Terkadang dianggap sebagai mobil taksi
Kualitas interior yang kurang memuaskan

Toyota Vios Generasi Ketiga

Toyota Vios generasi ketiga pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia pada tahun 2013 dan menjadi sedan pertama yang diproduksi di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mobil ini memiliki beberapa perubahan pada bagian eksterior, terutama pada grille dan fascia depan yang lebih elegan.

Terdapat dua tipe yang dipasarkan, yakni Toyota All New Limo Vios G dan TRD Sportivo yang keduanya memiliki fitur tambahan seperti lampu depan projector LED, foglamp, dan grille yang lebih besar.

Dari segi interior, Toyota Vios generasi ketiga tidak memiliki perubahan signifikan pada desainnya, namun dilengkapi dengan head unit touchscreen 7 inci dengan HD Display, Web Link, dan Remote Apps yang dapat memutar video dan musik dengan Bluetooth, CD Player, USB, dan AUX. Sementara dari sisi fitur keselamatan, Toyota Vios gen 3 dilengkapi dengan sistem ABS, EBD, dan BA.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Vios generasi ketiga:

Kelebihan Toyota Vios Gen 3

Desain eksterior dan interior yang baru dan menarik
Kinerja mesin yang baik pada putaran bawah
Kabin dan jok yang nyaman
Panel instrumen yang sporty
Suspensi yang empuk
Transmisi otomatis yang sangat halus
Sistem pengereman lengkap dengan fitur keselamatan

Kekurangan Toyota Vios Gen 3

Harga mobil barunya cukup tinggi
Peredaman yang kurang baik
Cenderung body roll karena suspensi terlalu empuk
Kualitas perakitan yang belum maksimal
Masih menggunakan mesin yang relatif kuno
Feedback sensor parkir tergolong lambat

Begitulah, ada kelebihan dan kekurangan Vios. Pilihan terserah pada Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda