Mobil Seken Keren

Yaris, Ancang-ancang Putar

Toyota Yaris di tengah kru Astra (Foto: PT Toyota Astra Motor)

COWASJP.COM – Toyota Yaris masih menjadi pilihan mobil hatchback. Penjualannya bahkan mencapai angka terbaik di awal tahun 2020, mengalahkan Honda Jazz dan Suzuki Baleno. Tampilannya yang menawan serta fiturnya yang lengkap menjadi daya tarik utama.

Sebelum lanjut, inilah harga pasaran Yaris seken yang selalu update, sekarang: Toyota Yaris

Toyota Yaris tersedia dalam dua varian, Yaris G dan Yaris TRD Sportivo, keduanya memiliki pilihan transmisi manual dan CVT otomatis. Harganya bervariasi, mulai dari Rp259 jutaan untuk Yaris G hingga Rp291 jutaan untuk varian tertinggi Yaris TRD Sportivo CVT.

Harga mobil Yaris tersebut merupakan harga terbaru pada tahun 2020. Sedangkan Toyota Alphard, mobil saudara Toyota Yaris New, memiliki 3 varian dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 1,04 milyar hingga Rp 1,95 milyar pada tahun 2020.

Kelebihan Toyota Yaris antara lain:

Tampilan luar yang menarik

Toyota Yaris dikenal sebagai salah satu model mobil hatchback yang sporty, terutama pada varian Yaris TRD Sportivo yang dilengkapi dengan aksesoris tambahan seperti desain grille yang besar dan aksen merah di bagian bawah. Di bagian belakang terdapat rear roof spoiler dan rear bumper dengan aksen garnish berkelir hitam.

Fitur hiburan lengkap

Toyota Yaris generasi terbaru dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan, seperti head unit layar sentuh 7 inci dengan HD display yang dapat memutar DVD, Radio FM/AM, SUV, Aux, dan Bluetooth. Sedangkan mobil Yaris TRD Sportivo memiliki fitur iPod Ready, Miracast, Web link, dan remote apps melalui smartphone.

Sistem keselamatan yang lengkap

Dibandingkan dengan pesaingnya, Toyota Yaris tetap memiliki sistem keselamatan yang lengkap. Mobil Yaris Toyota terbaru sudah dilengkapi dengan fitur STAR Safety System dengan teknologi Vehicle Stability Control, sistem pengereman ABS+EBD+BA, serta kontrol traksi.

Mesin bertenaga

Mobil Yaris New memiliki mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-I yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 104,5 daya kuda dan torsi puncak 140 Nm. Dengan dimensi yang kompak, mobil Yaris baru menawarkan tenaga besar saat digunakan di jalan.

Rasa berkendara yang halus

Salah satu kelebihan Toyota Yaris adalah rasa berkendara yang halus. Mesin 2NR-FE dapat menyalurkan tenaga yang halus serta vibrasi mesin yang lebih rendah dibandingkan mesin pada model sebelumnya. Transmisi CVT pada mobil Yaris baru juga lebih halus dibandingkan transmisi otomatis konvensional.

Kekurangan Toyota Yaris meliputi:

Meskipun begitu, Toyota perlu meningkatkan beberapa hal untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi pengguna Toyota Yaris baru. Berikut adalah beberapa kekurangan Toyota Yaris lama.

Dimensi yang besar untuk ukuran hatchback

Dengan panjang 4.145 mm dan jarak poros roda 2.550 mm, Yaris New memiliki dimensi yang cukup besar untuk sebuah hatchback. Bahkan mobil Toyota Yaris baru lebih panjang dibandingkan mobil Daihatsu Sigra yang memiliki kapasitas tiga baris kursi.

Radius putar perlu lebar

Dimensi yang besar menjadi kelemahan terbaru bagi mobil Yaris; radius putar yang cukup besar membuat Yaris terasa sulit dikemudikan ketika berputar. Oleh karena itu, Anda harus mengambil ancang-ancang yang lebar dan sedikit jauh ketika akan memutar balik.

Kapasitas bagasi kecil

Meskipun dimensi yang panjang, ruang bagasi Toyota Yaris bisa dibilang cukup kecil. Meskipun dibandingkan dengan kompetitornya, Anda mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Namun secara keseluruhan, ruang belakang tidak sebanding dengan dimensi kendaraan.

Model yang lama

Sayangnya, Yaris baru masih menggunakan model yang sama selama 7 tahun. Mobil Yaris yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi ketiga yang diperkenalkan pada tahun 2013. Meskipun ada penyegaran, tetapi hanya perubahan kosmetik.

Namun meskipun memiliki kekurangan tersebut, Toyota Yaris masih diminati oleh konsumen di Indonesia. Dengan diperkenalkannya generasi keempat di Jepang beberapa waktu lalu, besar kemungkinan Toyota akan memperkenalkan Yaris baru di Indonesia dalam waktu dekat.

Semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda