Mobil Seken Keren

Honda City Irit Pol

Honda City. Foto: PT Honda Prospect Motor

COWASJP.COM
Untuk pemilik mobil pertama, umumnya lebih memilih sedan daripada hatchback. Salah satu pilihan yang tersedia adalah Honda City GD8. Rentang harga bekas di bawah Rp100 juta. Tentunya, mobil ini memiliki kelebihan dan kelemahan.

Tapi, tengok dulu harga pasaran bekasnya yang selalu update: Honda City Bekas

Honda City GD8 memiliki kabin yang luas, meskipun bonnet yang digunakan relatif kecil dan pendek. Karena itu, interior mobil terasa lega dan lapang. Dimensinya yang besar juga memberikan ruang kabin dan bagasi yang luas karena model ini menggantikan Honda Civic yang naik kelas.

Meskipun Honda City generasi ini menjadi kontroversial karena mengambil platform dari hatchback Honda Jazz, sehingga membuat penampilannya agak aneh, seperti hatchback yang dipaksakan menjadi sedan.

Berikut adalah beberapa kelemahan dan kelebihan Honda City:

Perawatan transmisi tidak bisa menggunakan ATF biasa

Kelemahan Honda City GD8 otomatis terletak pada perawatan transmisi otomatisnya. Pada awal kemunculannya, transmisi CVT yang juga digunakan pada Honda Jazz ini membingungkan soal perawatannya. 

Tak jarang pemilik pertamanya mengabaikan perawatannya, mereka juga mengganti oli matiknya dengan oli ATF biasa. Perbedaan jenis pelumas inilah yang membuat transmisi otomatisnya jebol. 

Minim fitur pada keluaran awal

Produksi awal dari Honda City GD8 minim fitur, yang lebih lengkap hanya tersedia pada City bermesin VTEC. City i-DSI tidak mendapat wood panel di interior, rem cakram belakang karena tipe ini masih menggunakan tromol. Fitur keselamatan pada versi 2003 belum terdapat ABS dan Airbag karena fitur ini baru muncul di tahun 2004.

Kaki-kaki gruduk-gruduk

Berbeda dari City SX8, generasi City GD8 ini memakai kaki-kaki serupa Honda Freed. Kelemahan yang muncul juga mirip, yaitu adanya suara “gruduk-gruduk” di jalan berlubang. 

Pilar A cukup tebal

Ketidaknyamanan juga muncul saat berkendara, karena pilar A cukup tebal. Bagi sebagian orang, hal ini mengganggu karena membuat blind spot yang semakin besar saat melihat ke samping.

KELEBIHAN

Interior lega

Honda dikenal sebagai produsen mobil yang piawai dalam mengoptimalkan ruang. Hasilnya, banyak mobil yang mereka produksi memiliki kabin dan bagasi yang lega meskipun dimensinya cukup kompak. 

Salah satu kelebihan utama Honda City GD8 adalah bagasinya yang sangat luas dengan volume sekitar 500 liter tanpa perlu melipat kursi, karena desain bagasinya dalam dan cukup lebar. 

Jika membutuhkan ruang ekstra untuk barang, jok ultra seat di baris kedua bisa dilipat dan memungkinkan untuk menambah ruang barang di bagian belakang.

Desain bonnet yang rendah serta bagasi belakang yang luas adalah kelebihan lain dari Honda City. Model seperti ini membuat visibilitas ke depan terlihat luas, meskipun pilar A-nya terasa sangat mengganggu.

Penggunaan BBM irit

Berdasarkan pengukuran, konsumsi bahan bakarnya sangat irit, bahkan bisa mencapai 1 liter untuk 21 kilometer. Ini bisa tercapai hanya dengan berkendara konstan pada kecepatan 80 km/jam. Untuk ukuran mesin 1.5 liter, angka segitu bahkan mampu menyamai konsumsi LCGC.

Demikian ulasan Honda City, semoga manfaat. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda