Mohil Seken Keren

Honda Civic Mesin Berisik

Honda Civic (Photo: PT Honda Prospect Motor)

COWASJP.COM – Honda Civic salah satu andalan PT Honda Prospect Motor di Indonesia. Sudah memiliki aneka seri di pasaran. Semua seri terkenal keren dan laris di pasaran, namun seperti halnya semua barang, ada kelebihan dan kekurangannya.

Stop... Jika ingin cek harga pasaran seken, ada ratusan di sini: Honda Civic Bekas

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan Honda Civic Turbo Sedan:

Posisi Duduk Ergonomis

Posisi duduk pada Honda Civic Turbo Sedan ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Hal tersebut dapat dicapai berkat kursi berlapis kulit yang dapat diatur 8 arah secara elektris, serta setir yang dapat diatur secara teleskopik dan naik turun (tilt). Dengan fitur tersebut, pengemudi dengan postur apapun dapat mengatur posisi duduk dengan mudah.

Mesin Kencang

Mesin berkode L15B7 pada Honda Civic Turbo Sedan ini menggunakan sistem induksi udara paksa guna mendongkrak performanya. Tak heran, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 173 PS atau sekitar 171,5 Hp serta torsi 220 NM. Meskipun tekanan turbocharged yang mencapai 1,14 bar tergolong tinggi untuk sebuah mesin harian, mesin ini tetap mampu mengkonsumsi bensin beroktan rendah, bahkan jika terpaksa ia mampu menenggak BBM yang setara premium (RON 88).

Konsumsi BBM Irit

Honda Civic Turbo Sedan ini memiliki konsumsi BBM yang cukup irit. Di kepadatan dalam kota, ia dengan percaya diri mampu mencatat angka 12,5 kilometer per liter pada sampel kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan saat melaju di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, satu liter BBM oktan 92 yang diisi mampu membawanya sejauh 19,8 kilometer. Angka ini tentu fantastis untuk sedan dengan akselerasi 0-100 nya hanya 7,8 detik.

Akomodasi Oke

Honda Civic Sedan ini menawarkan bagasi yang cukup lapang di kelasnya, dengan kapasitas 427 liter yang dapat Anda gunakan untuk membawa perlengkapan liburan sekeluarga. Apabila Anda membutuhkan ruang ekstra, Anda tinggal menarik dua buah tuas yang ada di bibir bagasi bagian atas untuk dapat melipat kursi depan dengan format 60-40, sehingga semakin praktis.

Handling Baik

Jika Anda adalah driving enthusiast, maka Honda Civic Turbo Sedan ini sangat cocok untuk Anda. Pengendalian menjadi salah satu kelebihan utama mobil-mobil keluaran Honda, tak terkecuali Honda Civic. Setir yang tajam akan memudahkan Anda mengendalikan mobil di tikungan, terutama dengan ban Bridgestone Turanza berukuran 215/50 R17 yang memiliki grip dan traksi yang mumpuni.

Kelemahan

Ground Clearance Pendek

Honda Civic Turbo Sedan memiliki jarak terendah ke tanah yang pendek, yaitu hanya 125 mm. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati dan ekstra waspada ketika melewati jalan rusak. 

Namun, hal positifnya adalah mobil menjadi lebih stabil karena ground clearance rendah meminimalkan aliran udara di kolong mobil sehingga daya angkat akibat turbulensi dapat diminimalkan.

Suara Mesin Berisik

Panas mesin akibat kompresi udara di ruang bakar sebagai sistem pendinginan mesin. Selain itu, kipas pendingin hampir selalu bekerja terus menerus, dan salah satu fungsi BBM di ruang bakar difungsikan sebagai pendingin mesin. Suaranya jadi berisik.

Tidak Ada Sunroof

Satu lagi kelemahan yang terasa di Honda Civic Sedan adalah absennya sunroof, yang berbeda dengan pesaingnya, Corolla Altis yang memiliki sunroof. Sedangkan, harga barunya kini mencapai Rp 533 juta, dan itu bukan harga yang murah untuk sedan.

Tanpa Driving Mode

Sayangnya, mobil Honda Civic Turbo Sedan tidak memiliki mode berkendara. Hanya tersedia mode ECON untuk menghemat BBM dan pilihan mode SPORT pada transmisi. Padahal akan lebih baik jika mobil ini dilengkapi dengan pilihan mode berkendara yang lengkap dan dapat mengatur respons setir, respons gas, dan juga tingkat kekerasan suspensi.

Road Noise

Kekurangan utama Honda Civic Turbo Sedan adalah road noise yang masuk ke dalam kabin. Kami telah mencobanya sendiri pada kecepatan rendah maupun tinggi, dan suara ban bergesekan dengan permukaan jalan terdengar di dalam kabin. 

Semua barang pasti ada kelebihan dan kekurangan. Tapi Anda perlu tahu. Semoga manfaat. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda