Mobil Seken Keren

Honda Mobilio Bantingan Keras

Honda Mobilio. Foto: Mobilman.id

COWASJP.COM – Honda Mobilio salah satu small MPV (Multi Purpose Vehicle) terlaris. Keren dan nyaman. Kelebihannya banyak sehingga laris. Tapi di sini cuma mengulas kelemahan. Supaya calon pembeli atau pemilik mengantisipasi.

Sebelumnya, cek harga bekasnya di sini: Honda Mobilio Bekas

1. Kabin

Peredam kabin Mobilio kurang baik dibanding kompetitornya. Misal, banding Ertiga. Suara angin yang menabrak bodi mobil, atau suara artikulasi ban, masuk. 

Suasana lalu-lintas di luar kendaraan saat macet, terdengar penghuni kabin. Tapi secara umum, peredaman kabinnya lumayan.

2. Suspensi

Mesin bertenaga. Dengan118 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm terbaik di kelasnya. Tapi bantingan suspensi, Mobilio bukan yang terbaik.

Karakter suspensinya sedikit lebih keras dibanding kompetitornya. Efeknya memang stabilitas kendaraan saat melaju kencang menjadi lebih baik. Body roll pun cukup minim. Tapi kurang nyaman.

Diduga, produsen menghindari terlalu empuk. Sebab, kalau diisi penuh penumpang, bakal ambles.

3. Kaca 

Kaca belakang tidak ada defogger. Ini fungsinya menghalau embun di kaca saat hujan. Biasanya memakai rangkaian kawat tipis sebagai pengantar energi listrik atau hangat. Fitur ini tidak ada. Tapi ada wiper di luar.

Kalau kaca depan tidak berembun saat hujan. Sebab, ada udara yang disalurkan melalui lubang ventilasi AC di bawah kaca depan. 

4. Lampu 

Minim lampu indikator di dalam kabin. Misalnya, tombol power window atau tombol audio di setir, semuanya tak dilengkapi lampu indikator. Jadi saat malam atau kondisi gelap, pengemudi harus hafal tombol-tombol. 

Begitupun indikator posisi gigi di tuas transmisi otomatisnya, tanpa lampu. Untungnya indikator posisi gigi tampak di Multi Information Dislay (MID) dekat spidometer. 

5. Filter Udara Kabin

Fitur ini tak terlihat karena letaknya tersembunyi. Filter kabin saringan udara yang biasanya dipasang pada blower AC di laci dashboard. Fungsinya, mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator. Di Mobilio tidak ada.

Mobil yang tak dilengkapi filter kabin, membuat kotoran, bakteri dan lainnya banyak menempel di evaporator. Udara kotor yang diembuskan AC ke dalam kabin dapat menganggu kesehatan pengendara.

Tapi, mobil ini banyak penggemarnya. Secara umum, keren dan cukup nyaman. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda