Inspirasi 60 Tahun Astra Berbagi di Yogya

Suasana acara talkshow kewirausahaan diikuti oleh 400 orang. (Foto: Erwan/CoWasJP)

COWASJP.COM –  

O l e h: Erwan Widyarto

----------------------------------

YOGYAKART menjadi kota pertama dari lima kota yang dijadikan tempat berbagi Inspirasi 60 Tahun Astra. Roadshow ke-5 kota itu pertama Yogyakarta (28-30 April 2017), Balikpapan (19-21 Mei 2017), Surabaya (21-23 Juli 2017), Medan (29-30 September & 1 Oktober 2017) serta Makassar (17-19 November 2017).

Di Yogya, acara diawali dengan bakti sosial membershkan halte Trans Jogja. Kemudian sejumlah kegiatan digelar di Ballroom Utama Alana Convention Center Yogyakarta. Mulai dari aktivasi booth Astra Career, Astra Start Up Challenge, Yayasan Dharma Bhakti Astra dan booth Satu Indonesia Award.

astraVHE4u.jpg

Kemudian ada pula Aksi Sehat "Senam Pintar" Fashion Show Batik binaan YPA Dan talkshow kewirausahaan. Fashion Show menampilkan siswa-siswi SMKN 2 Gedangsari, Gunungkidul. Hasil karya busana batik dan lurik dengan kekuatan lokal ditampilkan belasan peragawan/wati yang semuanya siswa SMKN 2 Gedangsari.

Berbagai busana batik untuk seragam kerja (busana kerja), busana pesta maupun karya gemilang siswa SMKN 2 Gedangsari juara 2 Jogja Fashion Week Competition.

Sedang talkshow kewirausahaan menampilkan Ario Iriawan (CEO Indnira Group), Akhmad Sobirin (pemenang Satu Indonesia Award 2016) dan Henry C Widjaja (Yayasan Dharma Bhakti Astra).

astra3WpKgN.jpg

Ario menceritakan pengalamannya dalam bisnis agrokomplek teknologi ramah lingkungan. Sedangkan Akhmad Sobirin mengisahkan bagaimana ia memberdayakan petani gula semut hingga menjadi eksportir.

Akhmad Sobirin juga banyak memberikan tips memulai usaha. "Apa bisnis yang bagus? Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai bukan yang terus ditanyakan," kata Akhmad Sobirin mengutip Bob Sadino.

Akhmad Sobirin juga mengungkapkan ekspor gula semut sekarang sudah ke 16 negara. Bahkan ekspor ke Amerika Serikat mencapai 5.900 ton.

Acara Inspirasi 60 Tahun Astra di Yogyakarta juga diisi dengan pemberian penghargaaan SATU Indonesia Awards.

astra1nkXCR.jpg

Melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari dan memberikan penghargaan bagi pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Acara talkshow kewirausahaan diikuti oleh 400 orang. Mereka terdiri dari komunitas yang ada di Yogyakarta. Komunitas sosial, Lingkungan, budaya dan lain-lain. 

astra2drjl0.jpg

Acara berikutnya, Astra Road Safety Fest di Astra Motor Safety Riding Center, Jalan Jenderal Sudirman Yogya, Sabtu (29/4) diikuti 250 siswa SD, SMP dan SMA dari 70 sekolah Adiwiyata di seluruh Indonesia. 

Jambore Adiwiyata direncanakan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar serta Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Event terakhir di DIY adalah Jambore Adiwiyata dan aksi sosial pengobatan gratis di Kampung Berseri Astra, Desa Kemuning dan Hutan Wanagama di Gunungkidul. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda