SMK Gamaliel1 Kota Madiun

Mampu Membuat Bogie Kereta Api Pesanan PT INKA

Bogie kereta api, atau suspensi hasil karya anak SMK Gamaliel

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Santoso

------------------------

MUNGKIN tidak banyak masyarakat yang tahu, bahwa siswa  SMK Gamaliel 1 Madiun mampu membuat bogie kereta api. Bahkan produk kebanggan itu dipesan PT INKA untuk mensuplai komponen kereta yang dieskpor ke Bangladesh. Sebuah produk anak negeri yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab bogie merupakan salah satu komponen penting kereta api, sebagai suspensi kereta itu sendiri.

‘’Sayangnya kapasitas produk kami masih sangat terbatas, sehingga tidak mampu memenuhi semua kebutuhan,’’ kata Drs. Antonius Hary Purwito, selaku kepala SMK Gamaliel 1 ini.

Ketika PT INKA Madiun mendapat pesanan gerbong kereta api dari Bangladesh, maka sebagian bogie-nya dikerjakan oleh siswa SMK Gamaliel Madiun. Dengan demikian, bagian suspensi kereta yang sangat vital itu dikerjakan oleh siswa-siswa SMK ini. Jelas ini merupakan kebanggan bagi Kota Madiun. Kalau SMK di Solo mampu membuat mobil, maka siswa SMK Gamaliel 1 Madiun justru mampu membuat bagian kereta yang sangat vital.

Semua ini bisa dilakukan karena SMK ini memiliki bengkel yang cukup memadai. Sehingga  selain mengerjakan tugas sekolah, siswa juga bisa mengerjakan produk pesanan.

‘’Memang kami lebih menekankan agar siswa mengerjakan produk pesanan, sehingga sejak awal mereka sudah bisa bekerja profesional,’’ katanya.

purwitodF3R9.jpg

Alasannya, kalau siswa praktek untuk karya yang dinilai sekolah, maka kurang presisis edikit pun tidak masalah. Tapi kalau membuat pesanan, maka selain kualitas juga peralatan itu harus presisi.

Dan yang membanggakan lagi, sekolah ini juga menjadi sekolah rujukan dalam bidang IT bagi sekolah-sekolah lain. Paling tidak ada 7 sampai 17 sekolah yang ada di bawahnya.

‘’Jadi bisa dikatakan SMK Gamaliel 1 ini merupakan pusat pembelajaran bagi sekolah2 di bawahnya, baik begeri maupun swasta,’’ kata Hary Purwito.

smkIu8Yl.jpg

Bahkan SMK Gamaliel 1 Madiun telah mendapat piagam penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia karena telah menjaga integritas pelaksanan Ujian Nasional dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer mulai tahun 2015.

Saat ini Paket Keahlian yang ada di sekolah ini adalah :

1.    Teknik Audio Video

2.    Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik

3.    Teknik Pemesinan

4.    Teknik Kendaraan Ringan

5.    Teknik Sepeda Motor

SMK Gamaliel 1 juga selalu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan dan perkembangan teknologi agar mampu berperan dalam skala nasional maupun internasional, dengan slogannya TECHNO, yakni: 

T = TOTAL (Total) 
Mencintai tugas dan tanggungjawabnya sehingga dalam bekerja dan berkarya dilakukan dengan segenap hati dan segenap kemampuan

E = EFFECTIVE (Efektif) 
Melaksanakan pengelolaan lembaga yang berhasil guna dengan senantiasa menerapkan asas Plan, Do, Check, Act

C = COMPETENT (Kompeten) 
Memiliki kemauan yang keras untuk mengembangkan kemampuan / skill secara terus-menerus untuk menjadi pribadi yang profesional

H = HONESTY (Kejujuran)  
Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam segala tingkah lakunya

N = NIMBLE (Cekatan / cepat) 
Menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya dengan cekatan, cepat dan tepat

O = Optimist (Optimis) 
Meraih kesuksesan untuk bisa menjadi yang terbaik berbekal keyakinan dan percaya diri

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda